UPAYA TUTOR PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN BERWIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN TATABOGA DI LKP GHEA KOTA SERANG

Sudadio, Irwan, dan Ayu

Abstract


UPAYA TUTOR PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN BERWIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN TATABOGA

DI LKP GHEA KOTA SERANG

 

Sudadio, Irwan Djumena dan Ayu Sultonia

Jurusan Pendidikan Non Formal

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untirta

Email : dr.dio@untirta.ac.id

 

ABSTRAK

Upaya Tutor Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Kecakapan Berwirausaha Melalui Pelatihan Tataboga di LKP Ghea Kota Serang, Jurusan Pendidkan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Rumusan masalah yang dikaji adalah Upaya tutor pemberdayaan perempuan, Dampak pemberdayaan perempuan, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan perempuan melalui pelatihan tataboga. Pendekatan penelitian secara kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 6 orang terdiri dari 1 ketua LKP, 2 tutor dan 3 peserta pelatihan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Upaya tutor pemberdayaan perempuan dalam pelatihan tataboga yang dberikan tutor kepada warga belajar di LKP Ghea melalui bentuk pemberdayaan dengan pelatihan dasar, pelatihan lanjutan, dan pelatihan wirausaha, sudah berjalan dengan baik. (2) Dampak pemberdayaan perempuan dalam pelatihan tataboga di LKP Ghea yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap (3) faktor pendukung dari pemberdayaan perempuan meliput motivasi peserta dan motivasi turor, penguasaan turor dalam menyampaikan materi dan sarana prasarana yang di miliki LKP Ghea, Faktor penghambat pemberdayaan yaitu pendanaan dan cuaca yang tidak menentu. Penelitian ini adalah proses pemberdayaan perempuan melalui pelatihan tataboga sesuai dengan tujuan yang diharapkan banyak pihak yaitu memberdayakan perempuan, dengan menetapkan program pemerintah untuk membantu kecakapan hidup masyarakat menuju masyarakat yang cerdas, terampil, dan mandiri dibidang keterampilan.

Kata kunci : Pemberdayaan Perempuan, Pelatihan Tataboga

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: ALVABETA.

Rustamadji. 2017. Pendidikan Kecakapan Hidup. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Pasal 26 ayat (4) UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Suharto, Edi. 2012. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan, Gava Media,Yogyakarta.

Sumaryadi, I Nyoman. 2009. Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: Citra Utama.

Edy Mulyono, Sungkowo. 2012. Pemberdayaan Masyarakat. UNNESPRES: Semarang

Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012), h. 241.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung