PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) PADA ANAK USIA DINI
Abstract
PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN
MODEL BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT)
PADA ANAK USIA DINI
Septiya Yuningsih Achmad Rifai, Bagus Kisworo
Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
[email protected], [email protected],
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyelenggaraan pembelajaran model BCCT di PAUD Labschool Unnes. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 5 Guru Sentra termasuk seksi kurikulum, serta orang tua murid dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Aktivitas dalam analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilakukan dengan metode pendidikan berpusat pada anak dengan setting pembelajaran yang merangsang anak untuk aktif dan kreatif sehingga anak dapat belajar melalui pengalaman mainnya. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan dalam sentra meliputi pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Saran dalam pelaksanaan di sentra pembelajaran hendaknya anak diarahkan oleh guru sentra untuk bermain di kesempatan main yang lain.
Kata Kunci: Pembelajaran, Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Anak Usia Dini.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Martuti, A. 2010. Mendirikan dan Mengelola PAUD. Sidorejo: Kreasi Wacana.
Partini, 2010, Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.
Diana. 2013. Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84 tahun 2014 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.2015.
Mulyasa.2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Faizzuddin, Mohammad. 2014. Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : PT CV Alfabeta
Yus, Anita.2015. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Grup
Sutarman, Maman & Asih. 2016. Manajemen Pendidikan Usia Dini. Bandung: CV Pustaka Setia
Konrad, M. 2009. History of Education Quarterly. Jurnal Early Childhood Education. 49(2):238-240
Hidayat, Dayat. 2012. Pembelajaran Keterampilan Fungsional dalam Meningkatkan Keterampilan Warga Belajar Kejarpaket B di PKBM Harapan Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 24(11): 1-10
Anindita, R. 2012. Model Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Tunas Bangsa Unit Pelaksana Teknis Dinas Sanggar Kegiatan Belajar Grobogan Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 2(1): 2
Rahmat, A. & Mamonto, E. 2016. Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak Anak di Kota Selatan Gorontalo. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 5 (1): 64
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung