PERAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM DHARMA BEKTI KECAMATAN CIBINONG BOGOR
Abstract
PERAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASI
WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM DHARMA BEKTI
KECAMATAN CIBINONG BOGOR
Asri Maudyna Fatma
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Peran tutor mengembangkan motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti (2) Motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang turut serta dalam mempengaruhi motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, artinya penelitian dilakukan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktafakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif didasarkan pada data yang diperoleh melalui : (1) Observasi (2) Wawancara (3) Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tutor telah menjalankan perannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi seorang tutor atau guru sebagai informator, organisator, motivator, pengarah atau pembimbing, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator. (2) Motivasi yang timbul dalam diri individu warga belajar paket C menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik motivasi berprestasi yaitu suka mengambil risiko, memerlukan umpan balik, memperhitungkan keberhasilan dan menyatu dengan tugas. Setelah motivasi berprestasi warga belajar dikembangkan dan dikuatkan, dapat menghasilkan kualitas hasil belajar yang baik. Warga belajar secara aktif mengikuti proses pembelajaran namun dengan kemampuan berpikir yang berbeda-beda, hasil belajar yang dimiliki pun bergantung kemampuan warga belajar itu sendiri. (3) Tidak adanya kesempurnaan dalam segala sesuatu, berkaitan pula dengan kegiatan pembelajaran kesetaraan paket C yang memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat yang diantaranya adalah sumber belajar, sarana dan psarana, waktu, dana dan motivasi.
Kata Kunci : Peran Tutor, Motivasi Berprestasi, Hasil BelajarFull Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdulhak, Ishak. 2012. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alwi, Hasan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 4. Jakarta: Balai Pustaka
A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
____________. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal, Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta
Komarudin. 2001. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung: Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Komptensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya
Masiku, Abi. 2003. Pembelajaran Tutorial. Yogyakarta: Gava Media
Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika
Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah (Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Bandung: Remaja Rosdakarya
_____________. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Thoha, Miftah. 2011. Perilaku Organisasi (Konsep Dasar dan Aplikasinya). Jakarta: Raja Grafindo Perkasa
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
http://ejournal.upi.edu/index.php/PNFI/article/download/5588/3794
https://harirotunnadhiroh.wordpress.com/2013/04/22/fungsi-dan-tugas-tutor-fasilitator-dalam-pendidikan-orang-dewasa/ https://uharsputra.wordpress.com/pendidikan/pendidikan-nonformal
http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/por/article/download/673/355
https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.unnes.ac.id/sju/
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung