MODEL PENDIDIKAN KETERAMPILAN TERINTEGRASI DENGAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DALAM MEMANFAATKAN SUMBER POTENSI ALAM

Adang Danial, Lilis Karwati & Ahmad Hamdan

Abstract


MODEL PENDIDIKAN KETERAMPILAN TERINTEGRASI DENGAN NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DALAM MEMANFAATKAN SUMBER POTENSI ALAM

 

Adang Danial, Lilis Karwati, Ahmad Hamdan

Jurusan Pendidikan Masyarakat

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi

E-mail:, adang.danial58@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Upaya pengembangan model pelatihan pendidikan keterampilan merupakan suatu program yang penting karena dapat memberikan peluang bagi masyarakat guna mengembangkan potensi yang dimilikinya. Upaya memberdayakan masyarakat dipengaruhi pula oleh kondisi tingkat kehidupan dan faktor geografis. Cikoneng memiliki potensi sumber daya alam antara lain pertanian, perkebunan, kehutanan dan lain-lain, berdasarkan potensi alam tersebut masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkannnya secara optimal. Kondisi ini mempengaruhi mata pencaharian penduduk setempat, upaya pemberdayaan masyarakat dengan tujuan meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kuatlias hidup masyarakat kaitannya dengan system lingkungan social, system budaya, perubahan social ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif diarahkan untuk mengungkapkan data mengenai gambaran atas kegiatan yang terjadi di lapangan. Lokasi penelitian di Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Subyek yang dijadikan sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi yaitu sebanyak 62 orang, hasil penelitian mampu membuat segala tantangan menjadi peluang yang berguna, sehingga masyarakat mampu membuat peluang yang mereka miliki menjadi sesuatu yang lebih produktif melalui kegiatan kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian berusaha. Kesimpulan model keterampilan hidup terintegrasi dengan nilai-nilai budaya local terbentuknya sifat toleran, kepatuhan kerjasama, kekerabatan, rasa ingin tahu, menghargai keberhasilan orang lain, kerja keras, dan saling membagi hasil dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

 

Kata Kunci: model pendidikan keterampilan, nilai budaya, kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amin, Muhammad Maswardi. (2011). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media.

Abdulah, Dudi. (2008). Manajemen Pengajaran Program Pelatihan SSG Dalam Upaya Mengembangkan Perilaku Santri. Tesis Jurusan Manajemen UNISBA: Tidak diterbitkan.

Ditjen Diklusepa Depdiknas. (2002). Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (Life Skills) PLS. Jakarta: Ditjen Diklusepa Depdiknas.

Fauzi, Hasan. (2006). “Corporate Social and Environment Perfomance: A Comparative Study Between Indonesian Companies and Multinational Companies (MNCs) Operating in Indonesia “Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol.6, No.1, Februari 2006, hal 87-100.

Nawawi, Hadari, dan Martini Hadari (1992) Kepemimpinan yang Efektif. Gajah Mada Universitas Press: Yogyakarta.

Hamid Abd (2012) Pengembangan model hidup teriintegrasi degan nilai-nilai budaya lokal dalam meningkatkan kemandrian berusaha. Desrtasi.Bandung :UPI.

Kamil, M. (2009). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.

Marzuki. S. (1992) Strategi dan model pelatihan suatu pengetahuan dasar bagi instruktur dan pengelola lembaga latihan kursus dan penataran. Malang: ikip Malang.

Sudjana, Djudju. (2004) Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Suparman Suhamijaya, dkk. (2003) Pendidikan karakter mandiri dan kewiraswastaan. Bandung: Angkasa.

Trisnamansyah, S. (1989). Perubahan Sikap dan Perubahan Sosial dalam Konteks Pembangunan dan Modernisasi. Bandung: PLS – FIP IKIP.

Zubaedi. (2007). Wacana Pembangunan Alternatif Ragam Perspektif Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i1.6272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung