IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SOSIAL PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS 1 KOTA TANGERANG

Azizah Nurgita Ramadhan, Sholih Sholih, Herlina Siregar

Abstract


IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SOSIAL PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS 1 KOTA TANGERANG

 

Azizah Nurgita Ramadhan, Sholih, Herlina Siregar

Pendidikan Non Formal Fakultas Keguguran Dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
[email protected], [email protected], [email protected]

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini mengenai proses program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian social pada anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kota Tangerang. Kondisi anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak yang kurang disiplin terhadap petugas, serta tenaga pengajar di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 kota tangerang ini mengalami kesulitan. Tujuan penelitian yaitu 1) implementasi program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 Kota Tangerang, 2) Hasil program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 Kota Tangerang, 3) faktor pendukung dan  faktor penghambat program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif,  dengan cara data yang diperoleh menggukan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini  berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan 3 orang anak binaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kota Tangerang telah berjalan dengan baik, namun masih perlu ada yang diperbaiki. 1) implementasi program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial telah menunjukkan kriteria  tujuan, sasaran, kegiatan dan identifikasi. 2) Hasil program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosail menunjukkan bahwa 3 indikator yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan sesuai dengan baik yang dilaksanakan di LPKA 3) faktor pendukung dan penghambat program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemadirian sosial menunjukkan bahwa faktor pendukung motivasi, sarana dan prasana yang sudah memadai dalam implemntasi program pembinaan, faktor penghambat dari indikator yaitu sumber daya manusia belum sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Pembinaan. Kepribadian, Meningkatkan Kemandirian Sosial, Anak Binaan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Basrowi. 2014. Pengantar Sosiologi. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Direktorat Bimkemas dan Pengentasan

Anak, tanpa tahun terbit, Pedoman Perlakuan Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Erikson, E. H. (1995). Childhood and

Society. London: Vintage Book.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi,

(Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004)

Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan

Kepribadian. Bekasi: Direktorat Jendral Manajemen

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada

Press.

Jihad Asep & Abdul haris.2012.Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta : Multi

Presindo

Hansen, Heimgartner dan Linden A. 2002.

Identification Reaction. Zurich: UoZ Press.

Mangunhardjana, Pembinaan, Arti dan

Metodenya,(Yogyakarta:Kanimus,

.

Undang-undang Republik Indonesia No.12

Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 Tentang

Pengadilan Anak.

Susilowati, Ima.2003. Pengertian Konvensi

Hak Anak.UNICEF untuk Indonesia. Jakarta: PT. Enka Parahiyangan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung