IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SOSIAL PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS 1 KOTA TANGERANG
Abstract
IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SOSIAL PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS 1 KOTA TANGERANG
Azizah Nurgita Ramadhan, Sholih, Herlina Siregar
Pendidikan Non Formal Fakultas Keguguran Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
[email protected], [email protected], [email protected]
ABSTRAK
Penelitian ini mengenai proses program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian social pada anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kota Tangerang. Kondisi anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak yang kurang disiplin terhadap petugas, serta tenaga pengajar di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 kota tangerang ini mengalami kesulitan. Tujuan penelitian yaitu 1) implementasi program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 Kota Tangerang, 2) Hasil program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 Kota Tangerang, 3) faktor pendukung dan faktor penghambat program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak kelas 1 Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, dengan cara data yang diperoleh menggukan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan 3 orang anak binaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial pada anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kota Tangerang telah berjalan dengan baik, namun masih perlu ada yang diperbaiki. 1) implementasi program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosial telah menunjukkan kriteria tujuan, sasaran, kegiatan dan identifikasi. 2) Hasil program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemandirian sosail menunjukkan bahwa 3 indikator yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan sesuai dengan baik yang dilaksanakan di LPKA 3) faktor pendukung dan penghambat program pembinaan kepribadian dalam meningkatkan kemadirian sosial menunjukkan bahwa faktor pendukung motivasi, sarana dan prasana yang sudah memadai dalam implemntasi program pembinaan, faktor penghambat dari indikator yaitu sumber daya manusia belum sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Pembinaan. Kepribadian, Meningkatkan Kemandirian Sosial, Anak Binaan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Basrowi. 2014. Pengantar Sosiologi. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Direktorat Bimkemas dan Pengentasan
Anak, tanpa tahun terbit, Pedoman Perlakuan Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.
Erikson, E. H. (1995). Childhood and
Society. London: Vintage Book.
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi,
(Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2004)
Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan
Kepribadian. Bekasi: Direktorat Jendral Manajemen
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada
Press.
Jihad Asep & Abdul haris.2012.Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta : Multi
Presindo
Hansen, Heimgartner dan Linden A. 2002.
Identification Reaction. Zurich: UoZ Press.
Mangunhardjana, Pembinaan, Arti dan
Metodenya,(Yogyakarta:Kanimus,
.
Undang-undang Republik Indonesia No.12
Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 Tentang
Pengadilan Anak.
Susilowati, Ima.2003. Pengertian Konvensi
Hak Anak.UNICEF untuk Indonesia. Jakarta: PT. Enka Parahiyangan.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung