POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENUNJANG PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN UNYUR, KECAMATAN SERANG, KOTA SERANG, PROVINSI BANTEN

Patricia Pramudhita Novitasari

Abstract


POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL DALAM MENUNJANG PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN UNYUR, KECAMATAN SERANG, KOTA SERANG, PROVINSI BANTEN

 

Patricia Pramudhita Novitasari, Syadeli Hanafi & Mochamad Naim

pramudhitan@gmail.com

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

 

 

ABSTRAK

 

 

Pola Asuh Orang Tua Tunggal dalam Menunjang Perkembangan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini di Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. Masalah dalam penelitian ini adalah tentang orang tua tunggal yang menerapkan pola asuh kepada anaknya dalam menunjang perkembangan kecerdasan emosional anaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Informan penelitian ini adalah 10 orang tua tunggal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah  pola asuh yang diterapkan oleh orang tua tunggal Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten sebagian besar menggunakan pola asuh permisif. Perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini di Kelurahan Unyur dinilai masih memiliki kecerdasan emosional yang rendah karena dari lima indikator kecerdasan emosional, hanya dua yang menunjukan bahwa anak usia dini di Kelurahan Unyur memiliki kecerdasan emosional yang baik. Adapun faktor pendukungnya rata-rata adalah latar belakang pola asuh yang didasari pengalaman pribadi, pendidikan yang memadai dan status ekonomi yang tinggi, sedangkan faktor penghambat didatangkan dari trauma orang tua di masa lalu, rasa tidak memprioritaskan pendidikan, dan status ekonomi yang rendah.

 

 

 

Kata Kunci: Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustiawati, Isni. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 26 Bandung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis.Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Dariyo, Agoes. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT. Refika Aditama.

Efendi, V.A & Sutanto, E.M. 2013. Pengaruh faktor-faktor Kecerdasan Emosional Pemimpin Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan.Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Fauzi, Dodi Ahmad. 2007. Wanita Single Parent yang Berhasil. Jakarta: EDSA Mahkota.

Kasiati, dkk. (2012). Jurnal Psikologi: Pola Asuh Orang Tua Demokratis, Efikasi diri, dan Kreativitas Remaja. Vol. 7. No. 1

Marlina, Ike. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Ii Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Novianty, Alvi. (2016). Jurnal Ilmiah: Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Anak Remaja Madya. Vol. 1. No. 1.

Nurita, Meta. 2012. Hubungan antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Kinerja Perawat pada RSU Pusat Fatmawati, Jakarta Selatan. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Udampo, Ana Stevi, dkk. (2017). Jurnal Keperawatan: Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua dengan Perilaku Mengkonsumsi Alkohol Pada Anak Usia Remaja di Desa Bulude Selatan, Kabupaten Talaud. Vol. 5. No. 1.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung