IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Abstract
IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
(Studi Pada Kelompok Bermain Nurul Anwar Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)
Lulu Yuliani1, Syaepuddin2
12 Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangi
[email protected], [email protected],
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Kompetensi Pedagogik Tutor PAUD Nonformal Dalam Mengevaluasi Pembalajaran Anak Usia Dini (Studi Pada Kelompok Bermain Nurul Anwar Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Menghasilkan rekomendasi keilmuan Pendidikan Luar Sekolah, mempublikasikan hasil penelitian pada prosiding, jurnal nasional maupun Internasioanal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan dan memperkaya pengembangan teori ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu pengetahuan sejenis dalam menambah cakrawala dan membuka wawasan keilmuan PLS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Peneliti mengadakan pengamatan dan mencari data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari responden yang diamati. Peneliti secara terus menerus melaksanakan wawancara dengan informan secara mendalam untuk mengumpulkan data dari Tutor PAUD Nonformal. Dengan menggunakan tahap analisis Triangulasi Data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi Kompetensi Pedagogik Tutor PAUD Nonformal di Kelompok Bermain Nurul Anwar dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini dalam penilaian pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan penilaian harian, penilaian bulanan dan penilaian semester, Instrumen yang digunakan adalah observasi, catatan anekdot, penilaian hasil karya dan portofolio. Pelaporan penilaian harian dan bulanan dilakukan disekolah melalui pertemuan dengan orang tua dengan menunjukkan portofolio anak dan pelaporan penilaian semester dilakukan disekolah dengan menggunakan rapor dan media Sosial melalui Aplikasi WhatsApp Group (WAG) Adapun faktor yang menjadi menjadi pendukung dalam pembelajaran Kober Nurul Anwar adalah kerja tim dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai dan yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman Tutor dalam penerapan beberapa dari jenis instrument.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Anak usia dini, Tutor PAUD Nonformal, Evaluasi pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta
Ali .Nugraha (2010). Evaluasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini :Bandung : Upi
Conner,M.L“Andragogy and Pedagogy “Ageless Learner, 1997-2004
http://agelesslearner.com/intros/andragogy.html
Departemen Pendidikan Nasional (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan “ Beyond Centers and (BCCT)” (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarata : Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini
Dimyati, dkk. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hatimah,I. (2014). Metode Pembelajaran. Bandung: RIZQI.
Hibana S Rahman (2002) . Konsep Dasar Pendidikan PAUD, YOGYAKARTA : PQTK
Herbart, J.F(1892). The Science Of Education: its general principles deduced from its aim and the aesthectic revelation of the world, translated by H.M Felkin. London: Swann Sonnenschien
(1908) Letter and Lectures on education: ByJohann Friedrich Herbart; Translated From the German, and edited with an introduction by Henry M. And Emmie Felkin and a preface by Oscar Browning. London; Sonnenschein
Latif, M. Dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan
Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Nurlaila (2018). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Kha irin Medan Tembung . Sumatera Utara Medan : UIN
Puckett, Margaret B. dan Black, Janet K. (1994), Authentic Assessment of the Young
Child; Celebrating Development and Learning. Macmillan College Publishing Company:New York.
Saekhan, M Muchith. (2007). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media
Satori, Djam’an. (2012). Profesi Keguruan. Tangerang: Universitas Terbuka
Sibley, A., Lawrence, R. L., & Lambert, R. G. (2010). Mentoring: More than a promising strategy. In S. B. Neuman& M. L. Kamil (Eds.), Preparing teachers for the early childhood classroom: Proven models and key principles (pp. 105–122). Baltimore, MD: Brookes
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syodih. S, (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Kerja Sama Program Pascasarjana UPI Bandung: Remaja Rosdakarya
Uno, HB, (2009). Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan efektif. Jakarta : Bumi Aksara
UndangUndang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Waseso, I, dkk (2009). Evaluasi Pembelajaran TK. Modul 1-9. Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka.
Wismiarti, (2011). Bermain Modul PPOT IV. Jakarta Timur : Penerbit Sekolah Al Falah.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8089
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung