IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Lulu Yuliani, Syaepuddin

Abstract


IMPLEMENTASI  KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD NONFORMAL  DALAM  MENGEVALUASI PEMBELAJARAN  ANAK USIA DINI

(Studi Pada Kelompok Bermain  Nurul Anwar Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya)

 

Lulu Yuliani1, Syaepuddin2

12 Jurusan Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangi

[email protected], [email protected],

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi  Kompetensi Pedagogik Tutor PAUD Nonformal Dalam Mengevaluasi  Pembalajaran  Anak  Usia Dini (Studi Pada Kelompok Bermain  Nurul Anwar Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Menghasilkan rekomendasi keilmuan  Pendidikan Luar Sekolah,  mempublikasikan hasil penelitian pada prosiding, jurnal nasional maupun Internasioanal. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan dan memperkaya pengembangan teori ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu pengetahuan sejenis dalam menambah cakrawala dan membuka wawasan keilmuan PLS.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Peneliti mengadakan pengamatan dan mencari data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari responden yang diamati. Peneliti secara terus menerus melaksanakan wawancara dengan informan secara mendalam untuk mengumpulkan data dari Tutor PAUD Nonformal. Dengan menggunakan tahap analisis Triangulasi Data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan  hasil penelitian bahwa Implementasi Kompetensi Pedagogik  Tutor PAUD Nonformal di Kelompok Bermain Nurul Anwar dalam mengevaluasi pembelajaran anak usia dini dalam penilaian pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan penilaian harian, penilaian bulanan dan penilaian semester, Instrumen yang digunakan adalah observasi, catatan anekdot,  penilaian hasil karya dan portofolio. Pelaporan penilaian harian dan bulanan dilakukan disekolah melalui pertemuan dengan orang tua dengan menunjukkan portofolio anak dan pelaporan penilaian semester dilakukan disekolah dengan menggunakan rapor dan media Sosial melalui Aplikasi WhatsApp Group (WAG) Adapun faktor yang menjadi menjadi pendukung dalam pembelajaran Kober Nurul Anwar adalah kerja tim dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai dan yang menjadi penghambat adalah kurangnya pemahaman Tutor dalam penerapan beberapa dari jenis instrument.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik,  Anak usia dini,  Tutor PAUD Nonformal, Evaluasi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta

Ali .Nugraha (2010). Evaluasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini :Bandung : Upi

Conner,M.L“Andragogy and Pedagogy “Ageless Learner, 1997-2004

http://agelesslearner.com/intros/andragogy.html

Departemen Pendidikan Nasional (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan “ Beyond Centers and (BCCT)” (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarata : Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini

Dimyati, dkk. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hatimah,I. (2014). Metode Pembelajaran. Bandung: RIZQI.

Hibana S Rahman (2002) . Konsep Dasar Pendidikan PAUD, YOGYAKARTA : PQTK

Herbart, J.F(1892). The Science Of Education: its general principles deduced from its aim and the aesthectic revelation of the world, translated by H.M Felkin. London: Swann Sonnenschien

(1908) Letter and Lectures on education: ByJohann Friedrich Herbart; Translated From the German, and edited with an introduction by Henry M. And Emmie Felkin and a preface by Oscar Browning. London; Sonnenschein

Latif, M. Dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan

Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Nurlaila (2018). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Kha irin Medan Tembung . Sumatera Utara Medan : UIN

Puckett, Margaret B. dan Black, Janet K. (1994), Authentic Assessment of the Young

Child; Celebrating Development and Learning. Macmillan College Publishing Company:New York.

Saekhan, M Muchith. (2007). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media

Satori, Djam’an. (2012). Profesi Keguruan. Tangerang: Universitas Terbuka

Sibley, A., Lawrence, R. L., & Lambert, R. G. (2010). Mentoring: More than a promising strategy. In S. B. Neuman& M. L. Kamil (Eds.), Preparing teachers for the early childhood classroom: Proven models and key principles (pp. 105–122). Baltimore, MD: Brookes

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syodih. S, (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Kerja Sama Program Pascasarjana UPI Bandung: Remaja Rosdakarya

Uno, HB, (2009). Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan efektif. Jakarta : Bumi Aksara

UndangUndang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Waseso, I, dkk (2009). Evaluasi Pembelajaran TK. Modul 1-9. Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka.

Wismiarti, (2011). Bermain Modul PPOT IV. Jakarta Timur : Penerbit Sekolah Al Falah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung