UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA DINI DI KB TK TUNAS MULIA BANGSA SEMARANG

Safira Kharisma Putri Emmy Budiartati

Abstract


UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI SIBLING RIVALRY

PADA ANAK USIA DINI DI KB TK TUNAS MULIA BANGSA SEMARANG

 

1Safira Kharisma Putri, 2Emmy Budiartati

 

12Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang

 

1[email protected] 2e[email protected]

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan upaya orangtua dalam mengatasi sibling rivalry pada anak usia dini di KB TK Tunas Mulia Bangsa Semarang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 1 kepala sekolah, 6 orang tua yang memiliki anak usia dini bersekolah di KB TK Tunas Mulia Bangsa. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku sibling rivalry disebabkan oleh 6 faktor yaitu sikap orang tua, urutan kelahiran, jenis kelamin, jumlah saudara, jarak usia, pengaruh dari luar; upaya orang tua dalam mengatasi sibling rivalry pada anak adalah dengan memberikan pemahaman dan pengertian kepada anak agar anak tidak merasa cemburu.

Kata Kunci: Orang Tua, Sibling Rivalry, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adawiah, Rabiatul. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.Vol: 1. No. 1. Halaman 33-48. Banjarmasin.

Agus Harjito dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi 2. Yogyakarta: Ekonisia.

Andriyani dan Darmawan. 2018. Pengetahuan Ibu tentang Sibling Rivalry pada Anak Usia 5-11 Tahun di Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. Vol: 4. Nomor 2. Halaman 164. Bandung.

Bibi, Farzana dkk. 2013. Contribution of Parenting Style in Life Domain of Children. International Journal of Humanities and Social Science. Vol: 12. No. 2: 91-95.

BKKBN. 2014. Buku Saku Bagi Petugas Lapangan Program KB Nasional Materi Konseling, Jakarta. BKKBN.

Budiartati, Emmy. 2008. Perkembangan Anak Usia Dini. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Chaulagain, dkk. 2016. A Study On Knowledge Regarding Sibling Rivalry In Children Among Mothers In Selected Hospital At Mangaluru. International Journal of Scientific and Innovative Research. Vol: 5. No. 4: 122-124.

Fauziddin dan Mufarizuddin. 2018. Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol: 2. No. 2. Halaman 162-169. Riau: Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Fauziyah, Rahma, dkk. 2017. Influence of Psycho-Socio-Economic Factors, Parenting Style, and Sibling Rivalry, on Mental and Emotional Development of Preschool Children in Sidoarjo District. Jurnal Kehamilan dan Kesehatan Anak. Vol: 2. No. 3. Halaman 233-244. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Fitri, A’an Widiastuti Griya dan Sungkowo Edy Mulyono. 2015. Peran Kelompok Bermain Dalam Proses Sosialisasi Anak Usia Dini Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Nonformal. Universitas Negeri Semarang. Vol: 4. No. 1: 31-40.

Gaol, Cantry Lumban. 2017. Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Sibling Rivally Pada Balita Di Puskesmas Selesei Kabupaten Langkat Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Kohesi. Vol: 1. No. 1. Halaman 21-31. Binjai: Akademi Kebidanan Kharisma Husada Binjai.

Hoog, Tracy dan Melinda Blau. 2004. Mendidik Anak dan Mengasuh Anak Balita Anda. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E.B. 1996. Psikologi Perkembangan suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Idayanti, Titiek dan Surya Mustikasari. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Sibling Rivalry Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun). Jurnal Keperawatan dan Kebidanan. Mojokerto: Program Studi Kebidanan, STIKES Dian Husada Mojokerto.

Jannah, Husnatul. 2012. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angke. Jurnal Pesona PAUD. Vol: 1. No. 1. Padang: PG-PAUD FIP Universitas Negeri Padang.

Khasanah, dkk. 2012. Pengaruh Kesiapan Terhadap Perilaku Orang Tua Dalam Menghadapi Sibling Rivalry (Cemburu) Pada Anak Usia Dini (Di Desa Harjowinangun Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Universitas Negeri Semarang. Vol: 1. No. 2. 1-7.

Kumtiyah dan Sungkowo Edy Mulyono. 2015. Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain “Mekar Setia Budi” Di Desa Penangkan Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Universitas Negeri Semarang. Vol: 4. No. 1: 7-14.

Lestari, Veronica. 2017. Gambaran Pola Sibling Relationship Pada Adik Usia Remaja Dengan Kakak Usia Dewasa Awal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol: 1. No. 2. Halaman 100-108. Jakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta.

Man Lam, Ching. 2003. Parent Education: Revision and Vision. International Journal Of Counselling. Vol: 10. No. 2: 147-168.

Musfiroh, Tursina Intan dan Ilyas. 2016. Implentasi Program Balai Pelayanan Sosial Pada Anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial di Salatiga. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Universitas Negeri Semarang. Vol: 5. No. 1: 56-62.

Muthmainnah. 2012. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak. Vol: 1. No. 1. Halaman 103-112. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nadhiroh, Yahdinil Firda. 2015. Pengendalian Emosi. Jurnal Saintifika Islamica. Vol: 2. No. 1. Halaman 53-63. Banten: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten.

Niaraki, Fahimeh Rezai dan Hassan Rahimi. 2012. The impact of authoritative, permissive and authoritarian behavior of parents on self-concept, psychological health and life quality. International Journal of Natural and Social Sciences. Vol: 2. No. 1: 78-85.

Nugraheni dan Fakhruddin. 2014. Persepsi dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Lembaga PAUD Sebagai Tempat Pendidikan Untuk Anak Usia Dini (Studi Pada Orang Tua Di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Universitas Negeri Semarang. Vol: 3. No. 2: 49-57.

Nursalam, Rekawati Susilaningrum dan Sri Utami. 2005. Asuhan keperawatan bayi dan anak (untuk perawat dan bidan) Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika.

Oktaviana, Mikyarul Elma dan Utsman. 2015. Proses Pengasuhan Taman Penitipan Anak (Studi Pada Taman Penitipan Anak Dewaruci Kids Kecamatan Demak Kabupaten Demak). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Universitas Negeri Semarang. Vol: 4. No. 2: 121-126.

Putri, Ayu Citra Triana, dkk. 2013. Dampak Sibling Rivalry (Persaingan Saudara Kandung) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi. Vol: 2. No. 1: 37. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahman, Hibana S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Respati, Winanti Siwi. 2006. Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Permissive, Dan Authoritative. Jurnal Psikologi. Vol: 4. No. 2: 119-138.

Retnowati, Sofia, dkk. 2003. Peranan Keberfungsian Keluarga Pada Pemahaman Dan Pengungkapan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol: 1. No. 2. Halaman 91-104. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Setianingrum, Ningrum, Liliek Desmawati, Amin Yusuf. 2017. Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Universitas Negeri Semarang. Vol: 1. No. 2: 137-145.

Tambak, Syahraini dkk. 2017. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak di Desa Petonggan Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Al-Hikmah. Vol: 14. No. 2: 199-135.

Triwijayanti Noviari dan Levi Tina Sari. 2014. Pengaruh Jarak Usia Kelahiran Dengan Terjadinya respon Sibling Pada Anak Usia2-4 Tahun. Jurnal Ners dan Kebidanan. Vol: 1. No. 1: 42-49.

Vembriarto, S.T. 1978. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offiset.

Wahib, Abdul. 2015. Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak. Jurnal Paradigma. Vol: 2. No. 1. Hal 2.

Wahyuti, Tri dan Leonita K. Syarief. 2016. Korelasi Antara Keakraban Anak dan Orang Tua Dengan Hubungan Sosial Asosiatif Melalui Komunikasi Antar Pribadi. Jurnal Visi Komunikasi. Vol: 15. No. 1: 143-157. Universitas Paramadina.

Yanuari, Tenny dan Diana Rahmasari. 2011. Hubungan Antara Sibling Rivalry Dengan Stres Pada Anak. Jurnal Psikologi. Vol: 2. NO. 1: 46-57.

Yuliasari, Rahmania Nur dan Sungkowo Edy Mulyono. 2015. Peran Pengelola Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Universitas Negeri Semarang. Vol: 4. No. 2: 93-98.

Yuviska, Ike Ate. 2016. Gambaran Pengetahuan Ibu Multigravida Tentang Sibling Rivalry (kecemburuan) Di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Kedaton Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan. Vol: 7. No. 1: 81-84. Bandar Lampung: Universitas Malahayati.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung