PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFESKILLS) SEBAGAI STRATEGI INTERVENSI DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN SOSIAL DI INDONESIA

Ani Retno Dumilah, Ety Rahayu

Abstract


PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFESKILLS)

SEBAGAI STRATEGI INTERVENSI

DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN SOSIAL DI INDONESIA

1Ani Retno Dumilah, 2Ety Rahayu

 

Program Pascasarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat

 

ani_gemini01@yahoo.com  etyrahayu9@gmail.com

 

ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk melihat gambaran program pendidikan kecakapan hidup (Life Skills) berbasis vokasi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai bentuk intervensi makro dalam perspektif pembangunan sosial di Indonesia. Studi yang dilakukan adalah studi kepustakaan dengan teknis analisis data deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambaran program secara mendetail. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal hasil evaluasi program di Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan dan juga Badan Pusat Statistik, digabungkan dengan data implementasi program.  Hasil dari studi ini adalah program ini merupakan kebijakan (produk sosial) yang disusun sebagai strategi intervensi pemerintah dengan pelibatan masyarakat sebagai agen perubahan dari kalangan akademisi dan praktisi.  Program Pendidikan Kecakapan Hidup berbasis vokasi yang diselenggarakan dalam bentuk program pendidikan kecakapan kerja dan pendidikan kecakapan wirausaha telah menggambarkan sebuah program pembangunan sosial.  Pengimplementasiannya berorientasi pada pemberdayaan peserta dan terfokus pada peningkatan kompetensi berupa pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (attitude). Program telah diimplementasikan mengarah pada pembangunan sosial dan ekonomi.  Hal tersebut terlihat dari 5 jenis keterampilan yang paling banyak diminati para peserta program, yakni jenis otomotif dan layanan jasa, komputer dan desain grafis, menjahit, tata rias dan seni kreatif. Kelima jenis keterampilan tersebut merupakan jenis keterampilan yang mampu membekali peserta dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri dan juga dunia wirausaha yang saat ini sedang berkembang, hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan sosial.

 

Kata Kunci: Program Pendidikan Kecakapan Hidup, Strategi Intervensi, Pembangunan Sosial

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adi, I. R. (2013). Intervensi komunitas dan pengembangan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, Jakarta. Rajawali Press.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. In Badan Pusat Statistik.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). RENSTRA KEMENDIKBUD 2015-2019. In RENSTRA KEMENDIKBUD.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Midgley, J. (1995). Social development: The developmental perspective in social welfare. Sage.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches: Pearson New International Edition. Pearson Education Limited.

PLSP, D. (2003). Program Lifeskills Melalui Pendekatan Broad Based Education (BBE). Ditjen PLSP.

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187

Pelatihan, D. P. K. dan (Ed.). (2018). Evaluasi Capaian Program Pendidikan Kecakapan Kerja dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tahun 2018. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Pelatihan, D. P. K. dan (Ed.). (2018). Petunjuk Teknis Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelatihan, D. P. K. dan (Ed.). (2018). Petunjuk Teknis Program Pendidikan Kecakapan Kerja(PKK). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rothman, J. (1995). Strategies of community intervention: Macro practice. FE Peacock Publishers, Inc.

Sutisna, N. (2010). Pemberdayaan Penca Pasca Sekolah Melalui Kecakapan Hidup. JASSI ANAKKU, Volume 2 Nomor 9 Tahun 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung