PENGGUNAAN MEDIA AJAR BAHASA INGGRIS PADA LPK ENGLISH BEST COURSE (EBC)

Puput Puspitorini, Rini Dwi Deptiyani

Abstract


PENGGUNAAN MEDIA AJAR BAHASA INGGRIS PADA

LPK ENGLISH BEST COURSE (EBC)

 

1Puput Puspitorini, 2Rini Dwi Deptiyani,

[email protected], [email protected]

 

ABSTRAK

Pembelajaran era 4.0 menekankan partisipasi peserta didik untuk berpikir kritis melalui pemanfaatan media yang berkemajuan. Media pembelajaran merupakan sarana penyampai informasi pembelajaran  yang pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan peserta kursus yang bersangkutan, terutama dalam penguasaan bahasa Inggris. Adapun dengan perkembangan teknologi informasi yang tidak pernah berhenti, media pembelajaran pun tidak hanya berorientasi pada buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pada LPK EBC dengan terlebih dahulu menganalisis kebutuhan peserta kursus. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 10 orang, yang terdiri atas 6 peserta kursus, 3 tutor, dan 1 pengelola. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yang menggabungkan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran di LPK EBC menyesuaikan materi yang diajarkan dan tingkat pendidikan peserta kursus. Adapun materi yang digunakan cukup bervariasi mulai dari media yang sederhana berupa card, flaschard, permainan ular tangga, dan scribble. Selain itu, terdapat juga media modern yang digunakan berupa audio visual.

 

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kursus, Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arloy, Y. W. (2012). Penggunaan Multimedia dalam Kursus Bahasa Inggris. Jurnal EMPOWERMENT , Volume 1, No 2, ISSN No. 2252-4738.

Marpaung,S. (2017). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Multidiplin Ilmu 2017.

Lalu Thohir;Dewi Tutini Yulianti. (2019). Integrasi Media Audio-Visual dan Teknik Kerja Kelompok dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Smpn 15 Mataram. Jurnal ilmiah profesi pendidikan , Volume 4 No 2 p-ISSN: 2502-7069; e-ISSN: 2620-8326.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: alfabeta.

Puspitasari, Y.A. Triyono., & Joharman. (2017). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Flashcard Pda Siswa Kelas V SDN 2 Sempor Kebumen Tahun 2013/2014.Jurnal FKIP UNS. Volue 5 (5), Hal 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung