PENANAMAN PERILAKU KERJASAMA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISONAL
Abstract
PENANAMAN PERILAKU KERJASAMA ANAK USIA DINI MELALUI
PERMAINAN TRADISONAL
1Qory Jumrotul Aqobah, 2Masnur Ali,3Grafitte Decheline, 4Andri Tria Raharja
1Ilmu Keolahragaan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2 Olahraga Rekreasi Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta, 3 Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi 4Pendidikan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
1[email protected] 2[email protected] 3[email protected] 4[email protected]
ABSTRAK
Dewasa ini arus globalisasi dapat mempengaruhi identitas budaya bangsa. Globalisasi dengan segala pengaruhnya tentu dapat memberikan warna dan ciri khas dari jati diri suatu bangsa. Salah satu budaya bangsa yang terkena dampak arus globalisasi adalah permainan tradisional. Permainan tradisional selain aman dimainkan dari berbagai macam usia merupakan ciri khas budaya bangsa yang memiliki berbagai manfaat dan memiliki nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan, salah satu perilaku yang ada dalam permainan tradisional adalah perilaku kerjasama. Sejak anak usia dini perilaku kerjasama perlu ditanamkan guna mempersiapkan anak aktif untuk masa depannya di masyarakat. Perilaku kerja sama anak akan tercermin dalam berperilaku seperti komunikasi, interaksi, musyawarah, berbagi ide, pengambilan keputusan, mendengarkan, bersedia untuk berubah dan saling tukar ide atau pikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permainan tradisional yang mampu merangsang perilaku kerjasama pada anak usia dini. Metode penelitian dalam tulisan ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Beberapa permainan tradisional dapat dikenalkan sejak anak usia dini untuk dapat mengenalkan permainan tradisional dan mendapatkan berbagai manfaat.
Kata kunci: perilaku kerjasama, permainan tradisional, Usia DiniFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A.Husna M. (2009). 100+ Permainan Tradisional Indonesia Untuk Kretifitas, Ketangkasan dan Keakraban. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Ali. Masnur & Aqobah, Qory, J. 2020. Improving The Balance Movement Of Lower-Grade Students Through The Modification Of Engklek Traditional Games. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar JPSD Vol. 6 No. 1.
Ali, Masnur & Lumintuarso, Ria. 2017. Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh dengan Media POA pada Siswa Kelas IV SDI Al- Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar JPSD Vol.3 No1. Halaman 53-63.
Aqobah, Qory & Ali, Masnur. 2018. Pengaruh Permaian Tradisional terhadap Perilaku Kepemimpinan Peserta Didik di SMA. Prosiding Seminar Nasinal Pendidikan FKIP Untira 2018. E-ISSN2620-9071. Halaman 50-59
Cendhani, Rezalia Kun (2018) Pengaruh Permainan Menjala Ikan Terhadap Pengembangan Kemampuan Bersosialisasi (Penelitian Pada Siswa Kelompok A Di Raudhaltul Athfal Muslimat NU Tempurejo 3 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Endang Nuryasana, Ratna Indarti. 2017. Pengembangan Permainan Tradisional “ Bentengan “ Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter Di Mi Unggulan As’saadah – Surabaya. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA: Vol. 1, Desember 2017.
Faria Kridanatustik. 2016. Pendidikan Karakter melalui permainan tradisional untuk meningkatkan kecerdasan anak usia dini. Jurnal Thufula Vol 4 no 2 hal 185-206.
Hurlock, E.B. (1978). Child Development. 6th Ed. Tokyo: McGraw Hill Inc., International Student Ed
Irmansyah johan, et al. 2020. Keterampilan social anak melalui permainan tradisional. Cakrawala pendidikan: Vol 39, no 1February 2020. Hal 39-53.
Khamdani, Ajun. 2010. Olahraga Tradisional. Klaten: PT. MacananJaya Cemerlang.
Khatibah. 2011. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Igra’ Volume 05 No.01
L Erdiana . 2016. Pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap kooperatif anak TK kelompok B di kecamatan Sidoarjo. Jurnal Pedagogi, Volume 2 Nomor 3, Agustus‐2016 Hal 9-17
Mutia Febri Nurastuti, Suci Murti Karini, Istar Yuliadi. 2015. Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Interaksi Sosial Anak Asuh di Panti Yatim Hajah Maryam Kalibeber Wonosobo Jurnal wacana: Vol 7, No 2.
Rahmi Khairani Nasution & Nurmaida I. Siregar. 2013. Pengaruh Permainan Tradisional Pecah Piring Dan Ular Naga Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Magister Psikologi Uma. Vol 5, No 1 (2013) hal 86-93.
Saputra & Rudyanto, 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Jakarta:DepDiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Syamsu yusuf. 2006. Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosda karya.
Tedja Saputra, 2001, Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta, PT GrasindoYudha M
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung