MANAJEMEN PELATIHAN OPERATOR KOMPUTER TINGKAT LANJUTAN

Najichah Andzarini, Joko Sutarto

Abstract


MANAJEMEN PELATIHAN OPERATOR KOMPUTER TINGKAT LANJUTAN

 

1Najichah Andzarini, 2Joko Sutarto

12Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang

 

najichahhs@students.unnes.ac.id  jokotarto@mail.unnes.ac.id

Abstrak

Pelatihan operator komputer membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan keterampilan yang menunjang dalam mencari pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelatihan operator komputer (tingkat lanjutan) di UPTD BLK Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari Kepala UPTD BLK Kudus, Instruktur, dan Peserta Pelatihan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah perencanaan pelatihan terdiri dari tujuan diadakannya pelatihan, instruktur, pendaftaran peserta, pengadaan saran dan prasarana, dan pembiayaan. Pelaksanaan kegiatan meliputi jadwal pembelajaran, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Evaluasi meliputi evaluasi pelaksanaan pembelajaran, hasil pembelajaran, dan dampak pembelajaran. Simpulan dari penelitian adalah perencanaan dimulai dengan penentuan tujuan pelatihan, pendaftaran peserta, pengadaan sarana dan prasarana. Evaluasi yang dilaksanakan menggunakan instrument kuesioner yang dibagikan setelah rangkaian pelatihan telah dilaksanakan.

Kata Kunci : Manajemen, Pelatihan.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aruan, Daniel Arfan. 2013. Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Sucofindo (Persero) Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol.1 No.02, 565-574.

Dewi, A. I. S., & Darma, G. S. (2017). Proses Rekrutmen, Seleksi, Pelatihan, Penempatan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 1-18.

Fedora, S., P. Prabamukti, dan B. Husodo. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Forum Kesehatan Desa Dalam Mendukung Pelaksanaan Pengembangan Desa Siaga Aktif Di Desa Gulun Kabupaten Magelang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 6(1): 795 – 803.

Hanrahmawan, F. 2012. Revitalisasi Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 78-94.

Haris Mudjiman. 2006. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haryoko, Sapto. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. Vol.5, 1-10.

Hasdiansyah, A., & Suryono, Y. (2016). Evaluasi program pelatihan pemuda dalam meningkatkan SDM di HMI koordinator komisariat UNM. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 1-15.

Herlinda, Siti., Sholeh Hidayat., & Irwan Djumena. 2017. Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Vol 1 No. 1, 1-9.

Hutajulu, S. M., & Supriyanto, S. (2013). Tinjauan Pelaksanaan Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Pada Pt. Inalum Kabupaten Batubara. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 2(2), 30-39.

Irawan.1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: STIA-LAN Press.

Irianto Jusuf. 2001. Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pelatihan. Surabaya: Insan Cendekia

Istiqomah, Nurul., Fakhrudin., & Utsman. 2017. Evaluasi Mutu Layanan Pendidikan Kesetaraan Pada PKBM Citra Ilmu di Semarang. Journal of Nonformal Education. Vol 3 No. 2, 149-157.

Kisworo, Bagus. Ilyas., & Hendra Dedi Kriswanto. 2012. Model Pembelajaran Partisipatif Melalui Teknik Pendampingan Terhadap Tugas Diskusi Kelompok Mahasiswa dalam Membentuk Karakter Santun Berdiskusi. Journal of Nonformal Education. Vol.2 No.01, 90-106.

Koswara. 2014. Manajemen pelatihan life skill dalam upaya pemberdayaan santri di pondok pesantren. Jurnal EMPOWERMENT. Vol 4 No. 1, 37-50.

Mahendra. 2015. Pendekatan Dan Strategi Pembangunan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Ilmiah “Research Sainis”. Vol. 1 No. 1.

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Megasari, Rika. 2014. Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol 2 Nomor 01, 636-831.

Miradj, Safri dan Sumarno. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Miskin, Melalui Proses Pendidikan Nonformal, Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Di Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Volume 1, 101-112.

Mulyono, Sungkowo Edy. 2017. Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ningsih, Septi. 2015. Dampak Pelaksanaan Program Pendidikan Kewirausahaan (PKM) Bagi Warga Belajar di PKBM Harapan Bangsa Desa Petir Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Hal 1-15.

Octavia, A., & Sam, I. 2014. Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Bagi Ibu Rumah Tangga, Remaja Putri dan Kelompok Usaha Bersama Mutiara Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 29(3).

Pasal 1 Ayat 9 Undang-Undang No.13 Tahun 2003. Pengertian Pelatihan Kerja. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_13_03.htm (Diakses pada 23 Desember 2019 pukul 17.24 WIB

Permen No.11 tahun 2013. Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional. https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt52e8bc0e876b2/node/180/peraturan-menteri-tenaga-kerja-dan-transmigrasi-no-11-tahun-2013-pedoman-penyelenggaraan-sistem-pelatihan-kerja-nasional-di-daerah (Diakses pada 23 Agustus, pukul 20.00 WIB).

Polapa. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Jurnal Irfani. Vol 11 No. 1, 59-85.

Rifai, Achmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press.

Saputra, A., Wahid, S., & Ismaniar, I. (2018). Strategi Pembelajaran Instruktur Menurut Warga Belajar pada Pelatihan Menyulam. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 9-15.

Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 226-238.

Simamora, Henry. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sofwan, R. (2013). Penguatan Manajemen Pemberdayaan Fungsi Masjid Al-Fattah di Kelurahan Krapyak Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 13(2), 315-334.

Sudjana. 2007. System & Manajemen Pelatihan. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES Press.

Sutarti, Joko. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Miskin Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Melalui Kursus Menjahit Di LKP Elisa Tegal. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. ISSN 2252-6331 hal: 135-142.

Sutarti, Joko. 2016. Pendidikan Non Formal Teori dan Kebijakan. Semarang: UNNES Press.

Sutarti, Joko. 2016. Determinant Factors of the Effectiveness Learning Process and Learning Output of Equivalent Education. Advances in Social Science Education and humanities Research (ASSHER). Vol.88, 90-95.

Sutarti, Joko. 2017. Design of Training Based on Needs to Improve Pedagogic Competence of the Tutors. Advances on Sosial Science Education and Humanities Research (ASSHER). Vol.60, 102-107.

Uhbiyati, N. 2015. A Competency-Based Model Of The Human Resource Development Management Of Ustadz At Salaf Boarding School. International Journal of Educational Management. Vol. 29 No. 5, 695-708.

Wungow, J.F. 2016. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, Pelatihan dan Jabatan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Riset Akutansi dan Auditing “Good Will”. Vol. 7(2), 174-188.

Yuse, Anilla Putri., & Jamaris Ismaniar. 2018. Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit di SPNF SKB Lima Puluh Kota. SPEKTRUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 1 No.01, 16-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung