PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD SEKAR NAGARI UNNES
Abstract
PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
DI PAUD SEKAR NAGARI UNNES
1Oksa Putri Unjunan, 2Emmy Budiartati
Jurusan Pendidikan Nonformal FIP Universitas Negeri Semarang
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di Paud Sekar Nagari Unnes beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di Paud Sekar Nagari Unnes dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut; 1) Nilai karakter jujur ditanamkan melalui kegiatan bercerita, dan pembiasaan untuk mengakui sesuatu yang telah diperbuat, diketahui, dan dialami. 2) Nilai karakter religius diterapkan melalui disiplin sholat wajib, mengaji, ceramah, hafalan surat-surat pendek, mengenal rukun iman, rukun islam, menyayangi sesama makhluk hidup, dan selalu bersyukur. 3) Nilai karakter mandiri diterapkan dengan memberi kesempatan anak berkembang dan meningkatkan kreativitasnya sendiri dengan pantauan pendidik dan pengasuh, kegiatan mengajarkan anak untuk menyelesaikan masalah sendiri, membiasakan anak untuk belajar mengurus diri sendiri. 4) Nilai karakter tanggung jawab ditanamkan dengan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang sudah diambil.
Kata kunci : Pelaksanaan, Pendidikan, Karakter
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afifudin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Anindita, Resthi. Dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Kelompok main “Tunas Bangsa” Unit Pelaksana Teknis Dinas Sanggar Kegiatan Belajar Grobogan Kabupaten Grobogan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Vol. 2 No. 1
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Jamal. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Azzel, Akhmad. 2014. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Budiartati, Emmy,. Desmawati, Liliek. 2014. Upaya Pengemudi Becak dalam Meningkatkan Pendidikan Anak (Studi Kasus di Desa Pasarbatang Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes). Jurnal pendidikan nonformal. Vol. 3 No. 2. Universitas Negeri Semarang
Budiyanto, Mangun,. Imam, Machali. Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture Di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. http://id.portalgaruda.org/ Vol 4. No 2. (diakses pada 3 Februari 2019 pukul 11.20)
Chomsatun. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan dan Kejujuran Pada Siswa Madrasah Aliyah Negero 1 Kota Semarang. Jurnal pendidikan karakter. Vol. 28. No. 2. Universitas Negeri Semarang
Chou, Meiju. Dkk. 2014. The Beauty Of Character Education On Preschool Children’s Parent Child Relationship. Social and behaviour science.143:527-533. https://www.sciencedirect.com/ (diakses pada tanggal 9 November 2019 pukul 13.45).
Courtney Tyra, Bringing Books to Life: Teaching Character Education through Children’s Literature. Rising Tide Volume 5. http://smcm.edu/educationstudies/pdf/rising-tide/volume-5/Tyra.pdf. (diakses pada 8 Februari 2019 pukul 18.00)
Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.
Daryanto & Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
Davis, Michael. 2003. What's Wrong With Character Education?. American Journal of Education. Vol. 110. No.1 https://www.jstor.org/stable/10.1086/377672 (diaskes pada 10 Februari 2019 pukul 14.55)
Desmawati, Liliek,. & Budiartati, Emmy. 2014. Upaya pendidik dalam proses pengembangan sosial emosi anak usia dini di kelompok bermain mardi utomo I kecamatan sarang kabupaten rembang. Jurnal pendidikan non formal. Vol. 2 No. 1. Universitas Negeri Semarang
Dharma Kusuma, dkk. 2011, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah Bandung : PT Rodaskarya
Duna, Izfanna. Hisyam, Nik Ahmad. 2012. A Comperhensif Approach in Developing Akhlaq: A Case Study On The Implementation Of Character Education At Pondok Pesantren Darunnajah. Multicultural Education and Technology Journal. Vol.6. No.2. http://www.emeraldinsight.com (di akses pada 12 Oktober 2019 pukul 11.10).
Dyah, Satya Yoga. DKK. 2015. Peran Keluarga Sangat Penting dalam pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora. Vol 8. No. 1. http://id.portalgaruda.org (diakses pada 21 Maret 2019 pukul 17.38).
Ermidawati. 2013. Peranan Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. Vol 11. No. 22. http://id.portalgaruda.org (diakses pada 11 Februari 2019 pukul 20.10).
Fathurrohman, Pupuh dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Aditama
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hardini, Adelia. 2016. Unpublished Thesis: Imlementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Pelangi Bangsa Semarang. Yogyakarta: UNY
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Husni. 2012. Optimalisasi Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol 14. No 1. http://id.portalgaruda.org (diakses pada 28 Februari 2018 pukul 21.30).
Ikhwanuddin. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras Dan Kerja Sama Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter. vol 2. No. 2. http://id.portalgaruda.org (diakses pada 8 Januari 2019 pukul 13.58).
Ilyas. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Homescholing Primagama Semarang. Jurnal pendidikan nonformal. Vol. 3. No. 1. Universitas Negeri Semarang
Istiqomah. 2009. Implementasi Pendekatan BCCT (Beyoned center and circle times)dalam pembelajaran anak usia dini pada Kelompok Bermain PAUD Nasima Semarang. Http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=19561. (diakses pada tanggal 12 Juni 2019 pukul 19.16)
Julaiha, Siti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(2)
Kartini Kartono. 2000. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.
Kemendiknas. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. http://fisip.ilearn.unand.ac.id/mod/resource/view.php?id=296. (Diakses pada 12 November 2019 pukul 19.17)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Informal: P2PNFI Regional II Semarang
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Kurikulum usia 3-4 tahun. Semarang: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Informal: P2PNFI Regional II
Kementrian pendidikan nasional. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Kemendiknas. Jakarta: direktorat jenderal mandikdasmen, direktorat jenderal sekolah menengah pertama.
Khairuddin. 2002. Sosiologi Keluarga. Yogakarta: Lity Yogyakarta.
Kisworo, Bagus., & Budiartati, Emmy. 2012. Kinerja pendidik dalam kegiatan pembelajaran kelompok bermain (KB) di pendidikan anak usia dini (PAUD) Lab School Unnes. Jurnal Pendidikan nonformal. Vol. 1. No. 1. Universitas Negeri Semarang
Kurniawan, Yudha,. Hindarsih, Tri Puji. 2013. Character Building: Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Yogyakarta: Pro-U Media.
Likcona, Thomas. 2013. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memiberkan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan tanggung jawab. Jakarta: Bumi Aksara.
Mansur, HR. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mansur, HR. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Di Satuan Pendidikan..http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/293_Implementasi%20Pendikar%20dlm%20Satuan%20Pendidikan.pdf (diakses pada 22 November 2019 pukul 12.26).
Masito dkk. 2005. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Maunah, Binti. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol.5. No.1. http://id.portalgaruda.org (diakses pada 28 Januari 2019 pukul 14.00)
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Fadlillah. 2012 Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Manajemen Playgroup dan Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Diva Press
Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Analisis Model-model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-anak, Remaja,dan Dewasa. Jurnal pendidikan karakter Vol. 1. No. 1. Yogyakarta: UNY.
Mulyono, Edi Sungkowo,. Fitri, A’an Widiastuti Griya. 2015. Peran Kelompok Bermain Dalam Proses Sosialisasi Anak Usia Dini Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal pendidikan nonformal. Vol. 4. No. 1. Universitas Negeri Semarang
Mulyono, Edi Sungkowo,. Yuliasari, Nur Rahmania. 2015. Peran Pengelola Panti Asuhan dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh. Jurnal Pendidikan Nonformal. Vol.4. No.2. Universitas Negeri Semarang
Munib, Achmad. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press
Nasution. 2004. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
Patilima, Hamid. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
PAUDNI. 2012. Pedoman: Pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini. Jakarta: Direktorat Jendral PAUDNI
Pristine, Depict. A,. Endang , Suryani. 2015. Implementasi Pembentukan Karakter Budi Pekerti Di Smp Negeri 1 Tanggul Jember. Jurnal Pendidikan Karakter. http://id.portalgaruda.org Vol 5. No 1. (diakses pada 5 Oktober 2019 pukul 16.17)
Puskurbuk. 2011. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Gramedia
Rahman, Hibana S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Galah
Ramli. 2005. Pendamping Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
RC, Achmad Rifa’i. 2014. Pengembangan Profesi Pendidik Melalui Managemen Program Gugus Paud Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. jurnal pendidikan nonformal. Vol. 3. No. 2. Universitas Negeri Semarang
Rukiyati, Y. Dkk. 2014. Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Dan Kerjasama Terintregrasi Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol.4. No. 2. http://id.portalgaruda.org (diakses pada 28 April 2019 pukul 14.10).
Rusdinal. 2005. Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2014. Character Education Through The Constructivist Design Of Islamic Education Subject At Elementary School Pembangunan Jaya Ii In Gedangan Sidoarjo. Vol 21. No. 3. UIN Surabaya
Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa
Salahudin, Anas. dan Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter: basis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
Salma, Dewi & Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta
Samani, Muchlas. dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Satori, Djam’an. dan Komariah, Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Badung: Alfabeta.
Setiawan, Deny. 2013. Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol 3. No 1.
Setyaningrum, Ari Eka. 2017. The Implementation of the Characters Education to the Early Childhood Based on Akidah (4-6 Years Old) in TK Khalifah 29 Surakarta. Early Childhood Education Papers (Belia). Vol 6. No 2. Universitas Negeri Semarang
Shoba, Dewey Chugani. 2009. Anak yang Bermain, Anak yang Cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Skaggs, Garry., Nancy Bodenhorn. 2016. Relationships Between Implementing Character Education, Student Behavior, and Student Achievement. Journal of Advanced Academics. Vol. 18. No. 1. http://journals.sagepub.com/action/doSearch?AllField=character+education&pageSize=20&startPage=1 (diakses pada 17 November 2019 pukul 09.45)
Sudaryanti. 2012. Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usai dini. Jurnal pendidikan karakter. Vol. 3 No. 3. Universitas Negeri Yogyakarta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutarman, M & Asih. 2016. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. (Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi). Bandung: Pustaka Setia
Sutarto, Joko. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pelatihan Life Skill Computer di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Tahun 2015). Jurnal pendidikan nonformal. Vol. 4. No. 2. Universitas Negeri Semarang
Suyadi. 2011. Manajemen Paud TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Theo Riyanto & Martin Handoko. 2005. Pendidikan pada Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman, Nurdin. 2002. Konteks implementasi berbasis kurikulum. Bandung: CV. Sinar Baru
Utsman. 2014. Penyelenggaraan Paud Berbasis Pendidikan Al-Qur’an (Studi pada Paud-TPQ Nurul Huda di Jalan Pancursari IV Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Jurnal pendidikan nonformal. Vol. 3. No. 1. Universitas Negeri Semarang
Wandira, Dini. 2013. Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok A di TK Nurul Ulum Bambei Kelompok Driyorejo Gresik. Jurnal pendidikan anak usia dini. Vol. 1. No. 3. Universitas Negeri Semarang
Widadari, Rini. DKK. 2015. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Anak di Desa Kumo. Social Science Journal. Vol 2. No. 2. http://id.portalgaruda.org (diakses pada 5 Oktober 2019 pukul 09.00).
Widianto, Edi. 2015. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Nonformal.Vol 2. No. 1. Universitas Trunojoyo
Widodo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi membangun karakter bangsa peradaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yulianti Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks
Yusuf, Amin. 2014. Peranan Orang Tua dalam Memfasilitasi Minat Belajar Anak Usia Dini (Studi pada Paud Handayani Desa Salem Kecamatan Salem Kabupaten Brebes). Jurnal pendidikan nonformal. Vol. 3. No. 2. Universitas Negeri Semarang
Zubaedi. 2011. Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Zuchdi dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter: Terintergrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Multi Persindo MP.
Zusnani, Ida. 2012. Manajemen Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta: Tugu Publish
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung