PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI ASRI DUKUH DAWUNG KELURAHAN KEDUNGPANE KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG

Siti Nur Afifah, Ilyas .

Abstract


PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI ASRI DUKUH DAWUNG KELURAHAN KEDUNGPANE KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG

1Siti Nur Afifah, 2Ilyas

 

Jurusan Pendidikan Nonformal FIP Universitas Negeri Semarang

 

sitia7932@gmail.com*, ilyas.pnf@mail.unnes.ac.id

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini menggambarkan proses pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) Asri di Dukuh Dawung yaitu pengidentifikasian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, serta dampak dari proses pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) Asri di Dukuh Dawung yaitu keterampilan, pegetahuan, serta keharmonisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber, metode, dan waktu. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemberdayaan KWT Asri di Dukuh Dawung meliputi (1) Pengidentifikasian yang terdiri potensi dukuh, permasalahan dukuh dan kelompok serta peluang-peluang kelompok. (2) Perencanaan, terdiri dari penyadaran, pengrekrutan anggota dan pendamping, persiapan lapangan. (3) Pelaksanaan yang terdiri jenis kegiatan, media, materi, partisipasi, dan motivasi, dan (4) Pemantauan dan evaluasi program pada proses dan hasil kegiatan. Dampak yang diperoleh dari pemberdayaan KWT Asri adalah adanya peningkatan kemandirian, skill atau keterampilan, serta keharmonisan antar anggota KWT Asri.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Kelompok Wanita Tani (KWT).

 

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Gharaibeh, Fakir. (2011). Women’s Empowerment in Bahrain. Journal of International Women's Studies, 12(3), 96-113.

Auliya, Falakhul & Tri Suminar. (2016). Strategi Pembelajaran yang dapat Mengembangkan Kemandirian Belajar di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 10-15.

Camalian, M., & Setiawan, I. (2017). The Role of Women Farmer Group In Increasing Family Welfare. Jounal Mimbar, 33(1), 348-358.

Deraputri, Gevia Nur Isna, R; Nunung Nurwati, & Risna Resnawaty. (2017). Pemberdayaan Perempuan melalui Program Pendidikan Kewirausahaan Kreatif Terpadu untuk Perempuan, Anak, dan Keluarga oleh Organisasi World Muslimah Fondation di Kmapung Muka, Jakarta Utara. Prosiding KS: Riset & PKM, 3(5).

Dewi, Kartika Rahmat Sari; Andayani; & Nugraheni Eko Wardhani. (2017). Citra Emansipasi Perempuan dalam Mahabarata: Pelurusan Makna Peran dan Kebebasan bagi Perempuan Modern. Jurnal Masyarakat & Budaya, 19(2).

Dewi, Mutia, Amin Nurohmah & Ninik Sri Rahayu. (2018). Pemberdayaan Pemberdayaan melalui Usaha Batik Tulik: Sebuah Pengalaman dari Pelaksanaan Program IPTEK bagi Masyarakat (IBM) di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2(2).

Khotimah, Ema. (2018). Analisis Kritis Teori Pembangunan dan Kedudukan Perempuan dalam Perspektif Ekofeminisme. Jurnal Gender dan Anak. 1(1).

Kusumaningrum, Demeiati Nur. (2016). Pengaruh Perspektif Pemberdayaan Perempuan dalam Kebangkitan Ekonomi Lokal: Industri Tempe Sagu di Dusun Mrisi-Yogyakarta. Jurnal INSIGNIA, 3(2).

Malik, Abdul & Sungkowo Edy Mulyono. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 87-101.

Mardikanto, Totok; Poerwoko Soebianto. (2017). Pemberdayaan Masyarakat: dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Muarifuddin, M., Mulyono, S. E., & Malik, A. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Desa Wisata Batik Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Journal of Nonformal Education, 2(1), 58-70.

Muljono, Pudji., Joko Purwono., Eko Rudhy Cahyadi & Hamzah (2019). Economical Empowerment Index of Posdaya as Participatory of Community Empowerment Programe in Indonesia. Italian Sociological Review, 9(1), 65-96.

Mulyono, Sungkowo Edy. (2017). Kemiskinan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Nurhalim, Khomsun. (2012). Kinerja Pamong Belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar. Jurnal ilmu pendidikan, 18(1), 17-22.

Raharjo, Tri Joko., Achmad Rifai RC. & Tri Suminar. (2015). Keefektifan Manajemen Pendidikan Karakter Pilar Konservasi Budaya melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Journal Nonformal Education. 1(1), 25-34.

Raharjo, Tri Joko., Tri Suminar & Mu’arifuudin. (2016). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam Menanggulangi Kemiskinan melalui Pendidikan Nonformal di Jawa Tengah. Journal Nonformal Education. 2(1), 21-38.

Rahmawati, Evi & Bagus Kisworo. (2017). Peran Pendamping dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Program Keluarga Harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 161-169.

Sadono, Dwi. (2008). Pemberdayaan Petani: Paradigma Baru Penyuluhan Pertanian di Indonesia. Jurnal Penyuluhan, 4(1), 65-74.

Saragih, Jef Rudiantho. 2015. Perencanaan Wilayah dan Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Pertanian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sufyan, Muhammad Anis., Komsun Nurhalim & Imam Shofwan. (2019). Learning Management of Nonformal Education Units in Sanggar Kegiatan Belajar. Journal of Nonformal Education, 5(1), 57-66.

Sutarto, Joko., Sungkowo Edi Mulyono., Khomsun Nurhalim & Hesty Pratiwi. (2018). Model Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Kecakapan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal Desa Wisata Mandiri Wanurejo Borobudur Magelang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 27-40.

Taufiq, Amal & Habib R. (2018). Revitalisasi Kelompok Wanita Tani (KWT) melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah di Desa Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Theresia, Aprilia dkk. 2015). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Tohari, Entoh; Iis Prasetyo; dan RB. Suharta. (2019). Women Empowerment In Disaster Vulnerable Village Through Vocational Life Skill Education Based On Utilization Of Local Potential. Journal of Nonformal Education, 5(1), 35-46.

Voufo, Belmondo Tanankem., Efobi Uchenna & Scholastica Ngozi Atata. (2017). Women Empowerment And Intra-Household Dietary Diversity In Nigeria. Journal of Research in Gender Studies 7(2), 39–66.

Zubaedi. (2012). Pengembangan Masyarakat: Wacana & Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulkarnain, Wildan. (2013). Dinamika Kelompok: Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung