Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Menggunakan Model Learning Cycle 8E
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis struktur kognitif siswa kelas XI dengan metode flow map dalam materi asam basa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 8E. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI MIA 4 SMA N 54 Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes pemahaman, wawancara, flow map, observasi, reflektif jurnal dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa membangun struktur kognitif berdasarkan pemahaman dan pengalaman siswa. Model pembelajaran Learning Cycle 8E memiliki dampak terhadap perkembangan struktur kognitif dan softskill siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa selama mengikuti model pembelajaran Learning Cycle 8E persentase siswa yang mengalami miskonsepsi menurun dan pesentase siswa yang paham meningkat Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 8E dapat mengatasi miskonsepsi siswa. Model pembelajaran model pembelajaran Learning Cycle 8E juga berdampak terhadap perkembangan softskill siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa siswa sudah menerapkan sikap menghormati dan menghargai temanya dalam menghadapi perbedaan pendapat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burrows, N. L., & Mooring, S. R. 2015, Using concept mapping to uncover students’ knowledge structures of chemical bonding concepts Chemistry Education Research and Practice, Vol. 16, No. 53.
Bowen, C.W., & Bunce, D.M. 1997. Testing for Conceptual Understanding in General Chemistry. Journal of The Chemical Educator, Vol. 2. No. 2. hh. 1-17.
Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti. Jakarta: Erlangga
Chittleborough, G. D. & Treagust D.F. 2007. The Modeling Ability of Non Major Chemistry Students and Their Understanding of the Submicroscopic Level. Journal of Chemistry Education Research and Practice, Vol. 8, No. 4. hh. 274 292.
Demirdag, B., Feyzioglu, B., Cobanoglu, A.A.I., & Altun, E. 2011. Developing Instructional Activities Based on Constructivist 7E Model: Chemistry Teachers’Perspective. Journal of Turkish Science Education. Vol. 8, No. 1. hh. 19- 26.
Gabel, D.L. 1993. Use of the Particle Nature of Matter in Developing Conseptual Understanding. Journal of Chemical Education, Vo. 70, No. 3, hh. 193 - 194.
Garner, B. K. 2007, Getting to Got It! Helping Strugling Students Learn How to Learn. Misouri: Association for Supervision & Curriculum Development
Johnstone A. H., 1991, Why is Science Difficult to Learn? Things are Seldom What They Seem, Journal of Computer Assisted Learning , Vol. 7, No. 2, hh. 75–83.
Karplus, R. 1980, Teaching for the Development of Reasoning. Journal of Research in Science Education, vol. 10, No. 1, hh. 1-9.
Klausmeier, H.J. 1985, Educational Psychology Fifth Edition. New York: Harper and Row Publisher.
Lorsbach, A. W. 2002. The Learning Cycle as A tool for Planning Science Instruction.Online .http://www.coe.il stu.edu/scienceed/lorsbach/257lrcy.h tml. (diakses 23 November 2016).
Miller, P.H. 1993, Theories of Developmental Psychology (3rd Ed.). New York : W.H. Freeman & Co
Oxtoby, dkk. 2009, Prinsip-Prinsip Kimia Modern Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Taber, K.S. 2013, Revisiting the Chemistry Triplet: Drawing Upon the Nature of Chemical Knowledge and the Psychology of Learning to Inform Chemistry Education. Journal of Chemistry Education Research and Practice, Vol. 14, No. 7, hh. 156-168.
Trianto. 2007, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : prestasi belajar
Tsai C. C. & Huang C.M. 2002, Exploring Students Cognitive Structure in Learning Science: a Review of Relevant Methods, Journal of Biology Education, Vol. 36, No. 4, hh. 163-169
Wu, H. K & Soloway, E. 2001, Promoting Conceptual Understanding of Chemical Representations : Students Use of a Visualization Tool in the Classroom. Journal of Research in Science and Teaching. Vo. 38, No. 7, hh. 821 - 840
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i1.1849
Refbacks
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa M
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa M
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa M
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
- » Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Me
Copyright (c) 2019 Elsa Mahardika, Nurbaity Nurbaity, Achmad Ridwan, Yuli Rahmawati
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
________________________________________________________
EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan ISSN 2502-4779 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email : [email protected]