Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Learning Cycle – 5E pada Materi Ikatan Kimia

Irfandi Irfandi, Roza Linda, Erviyenni Erviyenni

Abstract


Abstrak : Penelitian Ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan produk berupa modul pembelajaran berbasis learning cycle 5E pada materi ikatan kimia, mendeskripsikan hasil validasi modul yang dikembangkan dan mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle 5E yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations) tetapi tahapan ini  hanya dilakukan sampai pada tahapan pengembangan dan uji skala kecil. Modul yang dikembangkan terdiri dari 5 kegiatan belajar .Tiap-tiap kegiatan terdiri dari 5 fase, yaitu fase pendahuluan (engagement), fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan (fase explanation), fase penerapan konsep (elaboration) dan fase evaluasi (evaluation). Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 3 orang validator. Hasil uji validasi didapat adalah 92,59% dengan kategori valid. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle 5E dilakukan di SMAN 2 Pekanbaru yang secara umum sangat baik dengan persentase hasil respon peserta didik adalah 86,85%, sedangkan respon guru sebagai pengguna juga sudah dikategorikan baik yaitu dengan nilai 86.31%.


Keywords


Modul; Learning Cycle 5E; ikatan kimia.

Full Text:

PDF

References


Appamaraka, S., Suksringarm, P. & Singseewo,A. 2009. Effects of Learning Environment Education Using The 5Es-Learning Cycle Approach With The Metacognitive Moves and The Teacher’s Handbook Approach on Learning Achievement, Integrated Science Process Skill and Critical Thinking of High School (Grade 9) Students. Pakistan Journal Of Sosial Sciences, 6(5):287–291.

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.

Branch, RM, & Kopcha, TJ. 2014. Instructional Design: The ADDIE Approach. Di akses pada sabtu 27 Desember 2017

Budprom W., Suksringam P., Singsriwo A. 2010. Effects of Learning Environmental Education Using the 5E-Learning Cycle with Multiple Intelligences and Teacher’s Handbook Approaches on Learning Achievement, Basic Science Process Skills and Critical Thinking of Grade Students. Pakistan Journal of Social Sciences, 7(3):200–204.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Sosialisasi KTSP 2008. Di download pada tanggal 19 agustus jam 20.14 WIB dari: http://dc218.4shared.com/download/vj4M9KIo/5_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.rar?tsid=20120227-061731-a8f2e27.

Elcha Bagus Narendra Putra, Subandi dan Endang Budiasih. 2017. Pengembangan elektronic modul berbasis 5e learning cycle pada materi Larutan Elektrolit dan Reaksi Redoks. ROSIDING SEMINAR NASIONAL III TAHUN 2017 Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK). Universitas Muhammadiyah Malang. 29 April 2017

Fauziatul Fajaroh dan I Wayan Dasna. 2007. Pengembangan dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). [Online]. Tersedia: http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/20/pembelajaran-dengan-model-siklus-belajar-learning-cycle/ Diakses tanggal 19 November 2017

Maria Theresa Andy Lusia, Alimufi Arief. 2013. Pengembangan modul fisika berorientasi Learning Cycle 5E pada materi gerak kelas VII. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 02 No. 03 Tahun 2013, 147 – 151 Universitas Negeri Surabaya. Surabaya

Nana Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Al Gensindo. Bandung

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Russel, JD. 1974. Modular Instruction. Amerika. Burgess Publishing Company.

Santyasa, I.W. 2008. Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha, 2:219–238.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuni Yamasari. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITA ISBN No. 979-545-0270-1. FMIPA UNESA. Surabaya

Vanny Mayangsari M.N.S, Aman Santoso, Siti Marfu’ah. 2012. Pengembangan modul Benzena dan Turunannya dengan model Learning Cycle 5-E. jurnal tidak terbit. Universitas Negeri Malang. Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i2.3348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Irfandi Irfandi, Roza Linda, Erviyenni Erviyenni

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id