Crossing Puzzle-Cooperative Learning Vs Cooperative Learning: Studi Kasus pada Pembelajaran Kimia

Nur Hidayah, Arif Sholahuddin, Ikhwan Khairu Sadiqin, Nita Maulida

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan partisipasi siswa serta proses belajar kimia dengan dua metode. Metode pembelajaran yang dilaksanakan berupa crossing puzzle-cooperative learning dan cooperative learning konvensional. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif pada 13 orang siswa kelas XII IPA 3 SMAN 13 Banjarmasin. Perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Kelompok (LKK), Tes Hasil Belajar (THB) dan pengisian kuesioner secara online. Hasil belajar siswa dengan metode non-games rata-ratanya sebesar 82,65 dengan keaktifan rata-rata 48. Strategi games crossing puzzle didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 52,2 dengan keaktifan rata-rata 76. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif berbasis non-games diperoleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran lebih tinggi, tetapi partisipasi siswa rendah. Hal ini karena adanya dominasi kelompok siswa unggul. Hasil belajar siswa dengan games crossing puzzle diperoleh hasil lebih rendah dibanding kooperatif non games tetapi partisipasi siswa tinggi. Berdasarkan hasil temuan didapatkan bahwa adanya kesempatan lebih banyak untuk tampil menyatakan pendapat bagi siswa pasif.


Keywords


cooperative learning; games; crossing puzzle; aktivitas siswa; sistem periodik unsur

Full Text:

PDF

References


Aeni, S. R. N. 2016, Peningkatan Motivasi Belajar Kimia Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode Koligatif Kemas Kreatif (K3). Educhemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), Vol 1, No. 1, hh. 76-85.

Ahmad, Z & Mahmood, N. 2010, Effects of Cooperative Learning vs Traditional Instruction on Prospective Teachers’ Learning Experience and Achievement, Journal of Faculty of Educational Sciences, vol 45 no. 1, hh. 151-164.

Amusa, J.O. 2013, An Investigation into the Influence of Using Puzzles in the Teaching of Physics on Senior Secondary Shcool Students’ Achievement in Selected Topics. Australian, Journal of Basic and Applied Sciences, vol 7 no. 4, hh. 648-653.

Aththibby, A.R & Alarifin, D.H. 2015, Pengaruh Permainan dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, vol 2 no.2, hh. 38-41.

Hidayah, R., Suprianto & Rahmawati, A. 2017, Permainan”Kimia Kotak Katik” Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem periodik Unsur, Jurnal Tadris Kimia, Vol. 2, No.1, hh. 91-96.

Nopiyanita, T., Haryono & Ashadi. 2013, Penerapan Model Pembeajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia dan Kreativitas Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 2, No.4, hh. 135-141.

Oludipe, D & Jonathan, O. A. 2010, Effect of Cooperative Learning Teaching Strategy on the Reduction on Students’ Anxiety for Learning Chemistry, Journal of Turkish Science Education, Vol. 7, No.1, hh. 30-36.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T & Sholahuddin, A. 2016, Problem Solving-Based Learning Tools to Improve The Science Problem Solving Skills of Junior High School Students. The 4th Proceedings International Conference On Educational Research and Innovation di UNY, Yogyakarta, 11-12 Mei.

Sadiqin, I. K., Istyadji, M., & Winarti, A. 2017a, Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan Siswa dalam Pembelajaran Kimia, Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 8, No.1, hh. 27-35.

Sadiqin, I. K., Santoso, U., & Sholahuddin, A. 2017b, Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 3, No.1, hh. 52-62.

Samsuni., Saidah & Sadiqin, I. K. 2018, Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Listrik Dinamis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, Vol. 4, No.1, hh. 73-86.

Sugiyono. 2012, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Widiyaningtyas. T & Widiatmoko. A. 2015. Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata pelajaran Kimia TEKNO, Vol : 21 hh, 47-51

Wilis, J. 2011, Metode Pengajaran dan Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak, Yogyakarta, Mitra Media.

Wulandari, Nais & Vebrianto, R. 2017, Studi Literatur Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah ditinjau dari Kemampuan Menggunakan Laboratorium Virtual, Makalah disajikan pada Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri di UIN Sultan Syarif Kasim, , 18-19 Mei.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i2.3847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Hidayah, Arif Sholahuddin, Ikhwan Khairu Sadiqin, Nita Maulida

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id