Pengaruh Pelarut dalam Berbagai pH pada Penentuan Kadar Total Antosianin dari Ubi Jalar Ungu dengan Metode pH Diferensial Spektrofotometri

Sani Widyastuti Pratiwi, Anggit Ayu Priyani

Abstract


Ubi jalar ungu berpotensi sebagai antioksidan alami berdasarkan tingginya kadar antosianin yang terkandung didalamnya. Antosianin adalah senyawa polar yang lebih mudah diekstrak dalam suasana asam. Antosianin memiliki manfaat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas, sehingga berperan dalam mencegah terjadinya penuaan, kanker, dan penyakit degeneratif dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelarut dan pH yang tepat untuk mengekstrak antosianin ubi jalar ungu dengen metode pH diferensial spektrofotometri. Sampel ditambahkan etanol 96% dan aquades yang telah diasamkan dengan HCl 1% sehingga pH pelarut menjadi 1, 1,5, 2, dan 2,5. Ekstrak yang didapat diencerkan dengan pelarut pH 1 dan pH 4,5 dan kemudian ditentukan kadar antosianinnya berdasarkan metode pH diferensial spektrofotometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelarut dan pH berpengaruh terhadap kadar total antosianin. Pelarut etanol dan pH 1,5 memberikan kadar total antosianin dan absorbansi ubi jalar ungu tertinggi yaitu sebesar 5,9558 mg/L.

Keywords


Antosianin; pelarut; pH; spektrofotometri pH diferensial; ubi jalar ungu

Full Text:

PDF

References


Gandjar, I.G., & Rohman, A. 2007, Kimia Farmasi Analisis, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Gao, L. & Mazza, G. 1996. Ekstraksi Antosianin Pewarna Merah Alami dari Kulit Buah Manggis (Garciria mangostana L): Kajian Konsetrasi HCl dan Apliksinya pada Yoghurt, Skripsi, Malang, Universitas Brawijaya.

Giusti, M. M. & Worlsta, R. E. 2001 Charecterirization and Measurement of Anthocyanin by UV-Visible Spectroccopy, Oregon, Oregon Dtate University.

Hambali, M., Mayasari, F. & Noermansyah, F. 2014, Ekstraksi Antosianin Dari Ubi Jalar Dengan Variasi Konsentrasi Solven dan Lama Waktu Ekstraksi, Jurnal Teknik Kimia Universitas Sriwijaya, Vol. 20, No. 2, hh 25-35.

Hanum, M. 2010, Tumbuh Kembang, Status Gizi dan Imunisasi Dasar Pada Balita, Yogyakarta, Nuha Medika

Harborne, J. B. 1987, Metode Fitokimia: Penuntun Cara Modern Menganalisis Tumbuhan, Terjemahan Kosasih P dan Iwang S.J., Bandung: ITB.

Heinrich, M., Barnes, J., Gibbsons, S. & Williamso, E.M. 2004, Fundamental of Pharmacognosy and Phytotherapi, Hunggary, Elsevier.

Hendrawan, I., 2011, Identifikasi dan Pengujian Stabilitas Pigmen Antosianin pada Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas) dengan Metode Spektrofotometri, Laporan Tugas Akhir, Bandung, STABA.

Jaya, E.F.P. 2013, Pemanfaatan Antioksidan Dan Betakarot en Ubi Jalar Ungu Pada Pembuatan Minuman Non-Beralkohol. Media Gizi Masyarakat Indonesia, Vol. 2, No. 2, hh. 54-57.

Kurnia, D., Yuliantini, A. & Faizal, D. 2018, Pengembangan Metode Penentuan Kadar Neotam Dalam Sediaan Obat Dengan Spektrofotometri UV, EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), Vol 3, No. 1, hh. 66-76.

Nollet, L.M.L. 1996, Handbook of Food Analysis: Physical Characterization and Nutrient Analysis, New York, Marcell Dekker.

Pakorny, J., Yanishlieva, N. & Gordon, M., 2001, Antioxidant in Food: Practical and Aplication, New York, CRC Press.

Satyatama, D. I. 2008, Pengaruh Kopigmentasi Terhadap Stabilitas Warna Antosianin Buah Duwet (Syzygium cumini), Tesis, Bogor, IPB.

Suzery, M, Lestari, S & Cahyono, B. 2010, Penentuan Total Antosianin Dari Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa L) Dengan Metode Maserasi dan Sokshletasi, Jurnal Sains & Matematika, Vol. 18, No. 1, hh. 1-6.

Tersiska, E., Sukarminah & Natalia D. 2006, Ekstraksi Pewarna Alami dari Buah Arben (Rubus idaeus (Linn.)) dan Aplikasinya pada Sistem Pangan, dilihat 28 September 2017. http://digilib.umm.ac.id.

Winarti S. & Firdaus A. 2010, Stabilitas Warna Merah Ekstrak Bunga Rosela Untuk Pewarna Makanan Dan Minuman, Jurnal Teknologi Pertanian, Vol. 11, hh. 87 – 93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sani Widyastuti Pratiwi, Anggit Ayu Priyani

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id