Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Debat Aktif

Nadia Rizky Amalia, Nurul Hidayah, Irwandani Irwandani

Abstract


Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam intraksi setiap manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran debat aktif. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control grup design yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung yang berjumlah 27 peserta didik. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan presentase kemampuan komunikasi peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Berdasarkan hasi observasi sebelum diterapkan strategi debat aktif hanya diperoleh sebesar 36,3% (kategori “sangat rendah”) sedangakan setelah diterapkan strategi debat aktif diperoleh rata-rata nilai 88,15 (kategori “tinggi”). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi debat aktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung

Keywords


Kemampuan Komunikasi; Peserta Didik Sekolah Dasar; Strategi Debat Aktif

Full Text:

PDF

References


Amaliawati, R. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa, 1(1), 24–32.

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

Arif, M. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA MELALUI METODE DEBAT AKTIF SISWA KELAS VIII D SMP N 2 BANGUNTAPAN BANTUL, 62–74.

Ayu, G., & Ganesha, U. P. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF.

Azmi, ulin umi. (2017). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL, 2(1), 26–39.

Bakri, Y. (2018). MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM PENGELOLAAN INFORMASI PEMBANGUNAN DAERAH. Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 4, 50–64.

Budiman, A. S. dan A. (2016). Active Learning : 95 Strtegi Mengajar Multiple Intelligence. jakarta: Prenadamedia group.

Cenggara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Erni, H. (2011). KOMUNIKASI DALAM ERA TEKNOLOGI KOMUNIKASI INFORMASI, 2(9), 100–109.

Ety, inah nur. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Eva, P. (2014). KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG BERLANGSUNG ANTARA PEMBIMBING KEMASYARAKATAN DAN KELUARGA ANAK PELAKU PIDANA DI BAPAS SURAKARTA.

Fatimah, T. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI TEKNIK DEBAT AKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATITUJUH KABUPATEN MAJALENGKA JAWA BARAT MPROVING THE ABILITY TO EXPRESS OPINIONS USING THE TECHNIQUE OF ACTIVE DEBATES OF THE EIGHTH-GRADE STUDENTS. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 4, 32–41.

Haris, S. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN KONSEP DEMOKRASI MATA PELAJARAN PKN TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 DEPOK, 32, 1–15.

Ifroh, oolbi ade. (2013). HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN IKLIM ORGANISASI DI SDN 034 SAMARINDA.

Ikhsanudin, muhammad arif. (2012). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.

Kamaruzzaman. (2016). ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA, 2(2), 202–210.

Kusnadi. (2015). Komunikasi interpersonal pada kisah ibrahim (studi analisis kisah dalam al-qur’an). Istinbath, 1, 21–34.

Meilanny, B. (2014). MENGURAI KONSEP DASAR MANUSIA SEBAGAI INDIVIDU MELALUI RELASI SOSIAL YANG DIBANGUNNYA, 4.

Melvil, silberman L. (2013). active learning : 101 cara belajar siswa aktif. bandung: nuansa cendikia.

Murdi, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Metode Card Sort pada Siswa Kelas V SDN 2 Kopang Tahun Pelajaran 2016/2017 ., 2(1), 28–40.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebagi Suatu Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka

Baru Press.

Nur, N. (2017). Alternatif Model Pembelajaran Kreatif untuk Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Saintifik, (November).

Nurcahyo, R. (2013). DEBAT BAHASA INDONESIA.

Nurul, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI, (July).

Oktavia, A. (2014). 2013 / 2014. EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK PENGUATAN POSITIF DAN TEKNIK PENCONTOHAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014, 2(1).

Pramesswari, A. S., Widodo, W., & Qosyim, A. (2009). Penerapan Strategi Debat Aktif untuk Melatihkan kKetrampilan Berpikir Kritis pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–6.

Purnomo, C. (2014). Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut melalui Metode Debat Aktif dalam Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Penabur -, 2

Puspita, tutiasari ririn. (2016). Komunikasi dalam komunikasi kelompok, 4, 81–90.

Ramadanty, S. (2006). PENGGUNAAN KOMUNIKASI FATIS DALAM PENGELOLAAN HUBUNGAN DI TEMPAT KERJA, 5(1), 1–12.

Salim Arska Society, M. (2015). Debate as a learning-teaching method : a survey of literature, 2(1), 97–104.

Scannapieco, F. A. (1996). Formaldebate.pdf. Dental Education.

Sciullo, N. J. (2017). Making debate more inclusive for the student- veteran debater Making debate more inclusive for the student-veteran debater, 8533(May). https://doi.org/10.1080/00028533.2017.1305008

Silvia, H. (2017). Komunikasi Antarpribadi Teori dan Praktiknya. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (n.d.). PENGARUH KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE DEBAT DALAM MATA KULIAH BERBICARA DIALEKTIK PADA MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK, 2018, 49–62.

Wicaksono, G. (2013). PENERAPAN TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA, 1, 61–78.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global, 1, 263–278.

Yusuf, M. T., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gagasan Pendidikan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.