Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa

Marudut Sinaga, Saronom Silaban

Abstract


Hasil belajar yang optimal dalam pembelajaran kimia akan dicapai jika ada penekanan aktivitas siswa baik secara fisik, mental, intelektual, maupun emosional. Salah satu metode yang dapat memberdayakan peserta didik adalah pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan pembelajaran kontekstual dalam merangsang keaktifan belajar siswa dan melihat keefektifan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretes-Postest Control Group Design. Dua kelas digunakan sampel penelitian yang diambil dari 5 kelas populasi (kelas XI SMA Swasta Methodist-1 Medan) secara acak sederhana (Simple Random Sampling). Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas belajar siswa. Sementara itu, tes hasil belajar digunakan untuk mengukur keefektifan pembelajaran kontekstual ditinjau dari hasil belajar siswa. Semua instrumen telah divalidasi sebelumnya. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,14 dan 56,53 pada kelas kontrol. Sementara itu, rata-rata postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi (88,04) lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 81,79 dengan selisih 6,25. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual efektif dalam merangsang keaktifan belajar dan hasil belajar siswa.

 


Keywords


Pembelajaran Kontekstual; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Kimia Siswa

Full Text:

PDF

References


Amir, MF 2015, ‘Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar’,

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 24 Oktober 2015, pp. 34-42.

Berns, RG & Erickson, PM, 2001, ‘Contextual teaching and learning: Preparing students for the new economy’, Research @ Work No. 5.

Borokhovski, E, Tamim, R, Bernard, RM, Abrami, PC & Sokolovskaya, A 2012, ‘Are contextual and designed student–student interaction treatments equally effective in distance education?’, Distance Education, vol. 33, no. 3, pp. 311-329.

Chotimah, H (2007), ‘Peningkatan proses dan hasil belajar biologi dalam pendekatan kontekstual melalui model pembelajaran think pair share pada peserta didik kelas X-6 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang’, Jurnal Penelitian Kependidikan, vol. 17, no. 1, pp. 103-109.

DeBourgh, GA 2011, ‘Psychomotor skills acquisition of novice learners: a case for contextual learning’, Nurse Educator, vol. 36, no. 4, pp. 144-149.

Elvinawati, E 2008, ‘Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran kimia sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 SMAN 1 Ketahun Bengkulu Utara’, Jurnal Exacta, vol. 6, no. 2, pp. 17-22.

Hamalik, O 2001, ‘Proses belajar mengajar’, Bumi Aksara. Jakarta.

Istijabatun, S, Supartono, S & Masturi, M 2016, ‘Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan soft skill konservasi dan keterampilan proses sains’, Journal of Innovative Science Education, vol. 5, no. 2, pp. 111-120.

Johnson, EB 2007, ‘Contextual teaching dan learning, menjadikan kegiatan belajar-mengajar mengasyikkan dan bermakna’, Penerbit MLC. Bandung.

Kadir, A 2013, ‘Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah’, Dinamika Ilmu, vol. 13, no. 3, pp. 17-38.

Kunandar 2007, ‘Guru profesional: Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru’, Divisi Buku Perguruan Tinggi, Raja Grafindo Persada. Depok.

Lam, SF, Wong, BP, Yang, H & Liu, Y 2012, ‘Understanding student engagement with a contextual model’, Springer. Boston, MA.

Manalu, E, Silaban, S, Silaban, R & Hutabarat, W 2016, ‘The development of chemical practice guidebook colloid system-based integrated contextual character values’, Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 8, no. 2, pp. 87-89.

Manalu, R 2019, ‘Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe two stay to stray (TSTS) dan think pair share (TPS) dengan media power point terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa SMA pada materi redoks’, Skripsi, Universitas Negeri Medan, Medan.

Muchtar, Z, Rosalia, AVA & Silaban, S 2019, ‘Implementation of dubido based on contextual in improving students achievement on rate reaction’, Journal of Physics: Conference Series, vol. 1462, pp. 012053.

Mulyani, HRA 2013, ‘Pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap peningkatan penguasaan konsep bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro’, Jurnal Bioedukasi, vol. 4, no. 2, pp. 114-121.

Pursitasari, ID 2009, ‘Peningkatan aktivitas dan pemahaman siswa dalam pembelajaran kimia melalui pendekatan kontekstual’, Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 16, no. 3, pp. 172-177.

Qurnaini, I, Purnomo, T & Sukarmin 2013, ‘Implementasi pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dalam pembelajaran ipa terpadu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii pada tema rokok di SMP Negeri 2 Ngoro’, Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, vol. 1, no. 2, pp. 181-187.

Rizki, S & Linuhung, N 2017, ;Pengembangan bahan ajar program linear berbasis kontekstual dan ICT’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 137-144.

Rosalia, AVA, Silaban, S & Muchtar, Z 2019, ‘Implementation of dubido based on contextual in improving students achievement on the topic of electrochemistry’, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 384, pp. 315-318.

Sakkashiri, BZ 1991, ‘Chemical demonstration. A hand book for teacher of chemistry’, The University of Winconsin Press. Madison, USA.

Sanjaya, W 2006, ‘Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan’, Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Silaban, S & Dewi, RS 2012, ‘Efektivitas media petakonsep tarhadap peningkatan prestasi dan motivasi mahasiswa prodi biologi dalam pengajaran biokimia dalam kehidupan sehari-hari pada mata kuliah kimia umum-2’, Jurnal Pendidikan Kimia, vol, 5, no. 1, pp. 5-9.

Silaban, S & Simangunsong, NSD 2015, ‘Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid’, Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 7, no. 1.

Silaban, S 2017, ‘Dasar-dasar pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam’, Harapan Cerdas Publisher. Medan.

Silitonga, PM 2014, ‘Statistik teori dan aplikasi dalam penelitian’, FMIPA UNIMED. Medan.

Sinaga, M & Situmorang, M 2015, ‘Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pengajaran reaksi redoks’, Prosiding Seminar Nasional dan Rapat Tahunan BKS PTN-B bidang MIPA di Universitas Tanjungpura Pontianak 2015, pp. 549-558.

Slameto 2010, ‘Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi’, Rineka Cipta. Jakarta.

Suyanti, RD 2010, ‘Strategi pembelajaran kimia’, Graha Ilmu. Yogyakarta

Trianto, MP 2017, ‘Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik’, Prestasi Pustaka. Jakarta.

Vermunt, JD 2005, ‘Relations between student learning patterns and personal and contextual factors and academic performance’, Higher Education, vol. 49, no. 3, pp. 205-234.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gagasan Pendidikan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.