KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: PROFIL DAN SETTING PEMBELAJARAN UNTUK MELATIHKANNYA

Siswanto Siswanto, Yusiran Yusiran, M F Fajarudin

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis profil keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa SMP pada sekolah di Kabupaten Grobogan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 60 siswa pada dua Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Grobogan. Data dikumpulkan menggunakan tes pilihan berganda, angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan proses sains perlu mendapat perhatian khusus agar dikembangkan dan dilatihkan dalam setiap diri siswa karena hanya dikuasasi oleh 20%-50% siswa, terutama keterampilan menginterpretasikan grafik dan berkomunikasi. Selain itu, kemandirian belajar siswa secara umum masih rendah sehingga perlu dilatihkan secara terus menerus dalam diri siswa. Inovasi model pembelajaran berbasis proyek menggunakan pendekatan saintifik dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa.

Keywords


kemandirian belajar siswa; kemampuan proses sains; pembelajaran berbasis proyek; pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Altun, S., Turgut, U. & Buyyukasap, E. (2009). The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal of Educational Sciences, 1(1): 81-105.

Baran, M. & Maskan, A. 2010. The effect of project-based learning on pre-service physics teachers electrostatic achievements. Cypriot Journal of Educational Sciences, 5: 242-257.

Eskrootchi, R. & Oskrochi, R.G. (2010). A Study of the Efficacy of Project-based Learning Integrated with Computerbased Simulation – STELLA. Educational Technology & Society, 13 (1), 236–245.

Rustaman,Y.N. et.al. 2006. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common TextBook JICA Edisi Revisi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Siswanto, Manurung, Kamisani, dkk. 2013a. Scientific Project Learning: Bagaimana Model Pembelajaran Tersebut Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Siswa Terhadap Materi Fisika?. Seminar Nasional Fisika, UNNES, 12 Oktober 2013.

Siswanto. 2013b. Science Project Learning Model : How it can increase the student’s self learning and the interested of junior high school students in physics learning?. International Seminar on mathematics, science, and computer science education, UPI, 19 Oktober 2013.

Tirtarahardja, U. & Sulo, L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wenning, Carl J. 2009. Scientific Epistemology: How Scientists Know What They Know. Journal Physics Teacher Education Online. 5 (2) :3-15.

Yalcin, A.S., Turgut, U. & Buyyukasap, E. 2009. The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude towards Physics and Scientific Process Skills. International Online Journal of Educational Sciences, 1(1): 81-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.