PENGGUNAAN WEBSITE DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penggunaan website dalam penerapan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi kinematika gerak lurus dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain the randomized pretest–posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA (matematika dan ilmu pengetahuan alam) pada salah satu SMA di Kota Bandung dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih dengan metode randomized sampling class. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan skala sikap untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan website dalam penerapan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi kinematika gerak lurus. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t (independent sample t test) pada skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website dalam penerapan model pembelajaran learning cycle 7E secara signifikan dapat lebih meningkatkan pemahaman konsep siswa daripada penerapan model pembelajaran learning cycle 7E pada tanpa menggunakan website pada materi kinematika gerak lurus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S & Adilah, S. (2008). The Effects of Inquiry-Based Computer Simulation with Cooperative Learning on Scientific Thinking and Conceptual Understanding of Gas Laws. Eurasia Journal of Mathematics, Science&technology Education. 4(4):387-398.
Aksela, M. (2005). Supporting meaningful chemistry learning and higher order thinking through computer-assited inquiry: a design research approach. Academic dissertation. Finland: chemistry education centre department of chemistry university of Helsinki.
Dahar, R., W. (2011). Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga
Demirci, N. (2005). A Study About Student’ Misconceptions In Force And Motion Concept By Incorporating A Web-Assisted Physics Program. The Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET Vol. 4(3)
Eisenkraft, A. (2003). Expanding The 5E Model: A proposed 7E model emphasizes “transfer of learning” and the importance of eliciting prior understanding.The Science Teacher. 70 (6): 57-59
Fajarudin, M (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Website Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Pada Topik Listrik Arus Searah..Tesis SPs UPI
Husni, Al., (2010). Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Web Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memfasilitasi Kerjasama Siswa SMA. Tesis SPs UPI
Kanli, U dan yagbasan, R (2008). The effects of laboratory based on the 7E learning cycle model and verification laboratory approach on the development of students’ science process skill and conceptual achievement. http://www.usca.edu/essays/specialedition/UKanl%C3%ACandRYagbasan.pdf
Karplus, R. (1980). Teaching for the Development of Reasoning. Science Education Information Report. The Ohio State University
Kocakaya, S., dan Gonen, S. (2010). the effects of computer assisted instruction designed according to 7e model of contructivist learning on physics student teachers achievement, consept learning, self eficiency perceptions and attitudes. Turkish online journal of distance education-TOJDE. Vol 11(3):206-224.
Kurniawan, D.T (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Tesis SPs UPI
Lorsbach, Anthony W. (2006). The Learning Cycle As A Tool For Planning Sience Instruction.
Munir, (2012). Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Santayasa, I.W (2004). Keefektifan Model dan Setting Pembelajaran dalam Pencapaian Perolehan Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan dan pengajaran IKIP Negeri Singaraja. Vol 37(4):14-45
Siribunnam, R dan Tayraukham, S. (2009). Effects of 7-E, KWL and Conventional Instruction on Analytical Thinking, Learning Achievement and Attitudes toward Chemistry Learning. Journal of Social Sciences 5(4).
Sornsakda, S., Suksringarm, P., and Singseewo, A. (2009). “Effects of Learning Environmental Education Using the 7E-Learning Cycle with Metacognitive Technique and Theachers Handbook Approaches on Learning Achievment, Integrated Science Process Skills and Critical Thinking of Mathayomsuksa 5 Students with Different Learning Achievment”. Pakistan Journal of Social Sciences. 6, (5), 297-303.
Suparno, P. (2012). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta. Kanisius.
Tarekegn, G (2009). Can computer simulations substitute real laboratory apparatus? Lat. Am. J. Phys. Educ. Vol. 3(3):506-517.
Yadav, B & Mishra S.K. (2013). A Study of the Impact of Laboratory Approach on Achievement and Process Skills in Science among is Standard Students. International Journal of Scientific and Research Publications, Vol.3 (1):1-6
Yilmaz,G. K., et al. (2010). The effect of the material based on the 7e model on the fourth grade students comprehension skill about fraction concepts. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol 2(2):1405-1409.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v1i1.2486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Gravity has been indexed by:
| Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI) | |
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. |