KUALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI USAHA DAN ENERGI TERINTEGRASI ENERGI BIOMASSA
Abstract
Abstract
Teachers must be able to prepare learning materials developed based on the competencies and characters. Learning materials developed should reach valid criteria, practical, and effective. The purpose of this research is to know the quality level of learning materials that have been developed. This research method is reseach and development (R&D) model using four-D model consisting of define, design, develop, and disseminate. Specially, to measure the quality of learning materials is done in the development phase. The instrument of this research consisted of: observation sheet, questionnaire, assessment sheet of learning goals. Data analysis using descriptive technique percentage. The validity of the learning device is 86.38 with the very valid category, the practicality of the learning material is 92.93 with very practical category, and the effectiveness of the learning device is at a score of 86.11. Based on these data, the information obtained by physics-based instructional device of creative problem solving model with open-ended approach on work and energy materials integrated by biomass energy can be used in physics learning in the High School.
Abstrak
Guru diharapkan mampu menyiapkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kompetensi dan karakter. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan hendaknya memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kualitas perangkat pembelajaran. Metode penelitian ini adalah reseach and development (R&D) menggunakan model four-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Khusus untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran dilakukan pada fase develop. Instrumen penelitian ini terdiri dari: lembar observasi, angket, lembar penilaian hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Validitas dari perangkat pembelajaran sebesar 86.38 dengan kategori sangat valid, praktikalitas dari perangkat pembelajaran adalah 92.93 dengan kategori sangat praktis, dan efektivitas dari perangkat pembelajaran berada pada skor 86.11. Berdasarkan data tersebut diperoleh informasi perangkat pembelajaran fisika berbasis model creative problem solving dengan pendekatan open-ended pada materi usaha dan energi terintegrasi energi biomassa dapat digunakan pada proses pembelajaran di sekolah.Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin. 2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asian Handbook. 1993. Biomass Of Energi. Washington: Island Press
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Perasada (GP) Press.
Balitbang. 2012. Penelitian dan Pengembangan Teknologi Energi Terbarukan Berdasarkan Sumber Daya Lokal di Provinsi Riau. Balitbang: Riau.
Darman, D.R, dkk. 2016. Pembelajaran Savir (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual, Dan Repetition) Dalam Mempertahankan Retensi Siswa Pokok Bahasan Asas Black Dan Pemuaian, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2(1), 73
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ery, Hidayanto Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Vii-A Smp Negeri 1 Batu Pada Materi Segi Empat. Malang: Universitas Negeri Malang
Hamdi dan Widya. Pengintegrasian Energi Terbarukan ke dalam Perangkat Pembelajaran Fisika Berkarakter Hemat Energi - Model CPS dengan Pendekatan Open-Ended Menggunakan Analisis Dokumen. Diseminarkan pada Semnas MIPA UNP tanggal 2 November 2014.
Hamdi. 2014. Pengintegrasian Karakter Hemat Energi ke Dalam Materi Fisika SMA menggunakan Consepts Fitting Technique. Diseminarkan pada SEMIRATA IPB Bogor, 9-10 Mei 2014.
Isaksen, Scott G. 1995. On the conceptual Foundation of Creative Problem Solving: A response to Magyari-Beck. Journal Creativity an amanagement. Volume 5 Nomor 1
Kapoorian, RK. 2008. An Analysis of a Thermal Power Plant Working on a Rankine Cycle: A Theoretical Investigation. Journal of Energy on Southern Africa. Volume 10 No. 1
KBBI (edisi keempat). 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia: Jakarta
Kemp, Jerrold E. 1985. Proses Perancangan Pengajaran. Terjemahan oleh Asril Marjohan. 1994. Bandung: ITB.
Murni. 2013. Open-Ended Approach in Learning to Improve Students Thinking Skills in Banda Aceh. International Journal of Independent Research and Studies – IJIRS. Vol. 2, No.2 (April, 2013) 95-101
Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: San Grafika.
Sudirta, I Putu. 2014. Pengembangan perangkat Pembelajaran Fisika SMP Bermuatan Karakter Dengan Setting Group Investigation. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 Tahun 2014.
Sukmadinata, Nanan Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University
Treffinger, J. Donald. 2003. Creative Problem Solving (CPS Version 6.1 TM) a Contemporary Framework for Managing Change. New York: Orchard Park.
Vembriarto. 1981. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.
Yusuf, A. Muri. 2005. ”Dasar-dasar dan Teknik Evaluasi Pendidikan”.(Buku tidak diterbitkan).Padang: Universitas Negeri Padang.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i2.2600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Gravity has been indexed by:
| Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI) | |
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. |