PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS PROYEK MEMBUAT ALAT EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI FISIKA SISWA DI KELAS XI TKR SMK ADZKIA PADANG

Zaturrahmi Zaturrahmi, Hamdi Hamdi, Ratnawulan Ratnawulan

Abstract


Abstract

This research is motivated conditions Adzkia vocational students who have learning activities and competencies that are less physics is still low. Because general tend to like learning that is practical or hands-on experience and the unavailability of laboratory physics or tools that can be used to perform physics experiments at school. This research aims to improve students' learning activities and also improve the competence of physics students, as well as to create better interaction among fellow students. This research is a classroom action research that research object is a class XI students TKR SMK Adzkia Padang odd semester 2013/2014. Students perform project tasks with the help of worksheets  in groups with the level of academic ability heterogeneous group members. The results obtained in this study are: 1) increased activity where the average score of students' learning activities continue to rise for any given cycle with either category, 2 ) increasing students' physical competence wherein affective and psychomotor competencies are in the good category and cognitive competence of acquiring an average value continues to increase at each cycle and mastery learning students achieve the expected target limits the KKM 75 with classical completeness 85%.

 

Abstrak

Penelitian ini termotivasi karena kondisi siswa SMK Adzkia yang memiliki kegiatan belajar dan kompetensi fisika yang masih rendah. Karena \pada umumnya siswa cenderung suka belajar pengalaman praktis atau hands-on dan tidak tersedianya alat ukur fisika atau laboratorium yang bisa digunakan untuk melakukan eksperimen fisika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan juga meningkatkan kompetensi siswa fisika, serta untuk menciptakan interaksi yang lebih baik antar sesama siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu objek penelitian adalah siswa kelas XI TKR SMK Adzkia Padang semester ganjil 2013/2014. Siswa mengerjakan tugas proyek dengan bantuan lembar kerja berkelompok dengan tingkat kemampuan akademik anggota kelompok heterogen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) peningkatan aktivitas ketika dilakukan pengukuran pembelajaran siswa terus meningkat untuk setiap siklus dengan kategori baik, 2) meningkatkan kompetensi fisik siswa saat tindakan diambil dimana kompetensi afektif dan psikomotor berada dalam kategori yang baik dan kompetensi kognitif untuk memperoleh nilai rata-rata terus meningkat pada setiap siklus dan penguasaan. Siswa belajar mencapai target yang diharapkan membatasi KKM 75 dengan kelengkapan klasik 85%.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Proyek; Alat Percobaan Sederhana; Pembelajaran Kooperatif STAD; Pembelajaran Kegiatan dan Kompetensi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Darman, D.R, dkk. 2016. Pembelajaran Savir (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual, Dan Repetition) Dalam Mempertahankan Retensi Siswa Pokok Bahasan Asas Black Dan Pemuaian, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 73

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara

Huberman, A.M dan Miles, M.B. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIPress. Jakarta.

Riduan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: P.T Raja Grafindo.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning; Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Suderadjat, Hari. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bandung: Cipta Ceks Grafika.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i2.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.