Penerapan Media Pembelajaran Daring Melalui Spada Dalam Meningkatkan Kompetensi Kognitif Mahasiswa (Studi Kasus di Pembelajaran Mata Kuliah Sosiologi Hukum dan Sosiologi Maritim)
Abstract
Merebaknya wabah virus corona ke Indonesia menyebabkan perubahan dalam kegiatan proses belajar. Salah satu media pembelajaran online adalah Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengejar ketercapaian tujuan dari pendidikan tersebut dalam proses kegiatan pembelajaran membutuhkan alat atau media untuk menyampaikan materi pengajaran secara baik terserap oleh peserta didik. (2)Mengoptimalkan fungsi dari media dan mendapatkan efektivitas pemanfaatan media pada proses pembelajaran dan tidak diragukan lagi bahwa semua media itu perlu dalam pembelajaran. (3) Pada tataran praktis sebagai sarana adaptasi pembelajaran daring. Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, maka dalam pengumpulan datanya melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Proses analisis data yang peneliti gunakan yaitu analisis kualitatif dan menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa menyatakan bahwa penerimaan kuliah daring dalam mata kuliah sosiologi hukum dan sosiologi maritim berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana pembelajaran semester (RPS) yang telah dibuat oleh dosen. Dalam proses pembelajaran daring memanfaatkan SPADA yang difasilitasi oleh kampus UNTIRTA sehingga dapat meningkatkan kompetensi kognisi dari pada mahasiswa.
Kata kunci: media pembelajaran, SPADA, mahasiswa, aspek kognitif
References
DAFTAR PUSTAKA
Anas sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Briggs. L. 1970. Principles of Constructional Design. New York. Holt, Rinehart and Winston.
Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,
Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta; Pustaka Belajar.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Noehi Nasution. 2004. “Psikologi Belajar”. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam workshop media pembelajaran bagi guru-guru SMA Negeri Banjar Angkan Klungkung, Bali 10 Januari 2007.
Sudarsana, I Ketut Dkk. 2020. Covid-19 “Perspektif Pendidikan”. Denpasar: Yayasan kita menulis
Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.
https://spada.kemdikbud.go.id/ (diakses tanggal 26 April 2020 pukul 10.00WIB)
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v7i1.10802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]
Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by: