Penerapan Media Pembelajaran Daring Melalui Spada Dalam Meningkatkan Kompetensi Kognitif Mahasiswa (Studi Kasus di Pembelajaran Mata Kuliah Sosiologi Hukum dan Sosiologi Maritim)

Nurul Hayat Hayat, Stevany vany Afrizal, Haryono Haryono

Abstract


Merebaknya wabah virus corona ke  Indonesia menyebabkan perubahan dalam kegiatan proses belajar. Salah satu media pembelajaran online adalah Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.  Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengejar ketercapaian tujuan dari pendidikan tersebut dalam proses kegiatan pembelajaran membutuhkan alat atau media untuk menyampaikan materi pengajaran secara baik terserap oleh peserta didik. (2)Mengoptimalkan fungsi dari media dan mendapatkan efektivitas pemanfaatan media pada proses pembelajaran dan tidak diragukan lagi bahwa semua media itu perlu dalam pembelajaran. (3) Pada tataran praktis sebagai sarana adaptasi pembelajaran daring. Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, maka dalam pengumpulan datanya melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Proses analisis data yang peneliti gunakan yaitu analisis kualitatif dan menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa menyatakan bahwa penerimaan kuliah daring dalam mata kuliah sosiologi hukum dan sosiologi maritim berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana pembelajaran semester (RPS) yang telah dibuat oleh dosen. Dalam proses pembelajaran daring memanfaatkan SPADA yang difasilitasi oleh kampus UNTIRTA sehingga dapat meningkatkan kompetensi kognisi dari pada mahasiswa.

Kata kunci: media pembelajaran, SPADA, mahasiswa, aspek kognitif

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Anas sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Briggs. L. 1970. Principles of Constructional Design. New York. Holt, Rinehart and Winston.

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,

Eko Putro Widoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta; Pustaka Belajar.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noehi Nasution. 2004. “Psikologi Belajar”. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam workshop media pembelajaran bagi guru-guru SMA Negeri Banjar Angkan Klungkung, Bali 10 Januari 2007.

Sudarsana, I Ketut Dkk. 2020. Covid-19 “Perspektif Pendidikan”. Denpasar: Yayasan kita menulis

Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.

https://spada.kemdikbud.go.id/ (diakses tanggal 26 April 2020 pukul 10.00WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v7i1.10802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats