PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR PADA WARGA BELAJAR KELOMPOK PENYANYI JALANAN DI KOTA SERANG

Sastra Wijaya, Teti Trisnawati

Abstract


Dalam kegiatan pendidikan atau belajar, orang dewasa bukan lagi menjadi obyek sosialisasi yang seolah-olah dibentuk dan dipengaruhi untuk menyesuaikan dirinya dengan keinginan memegang otoritas di atas dirinya sendiri, akan tetapi tujuan kegiatan belajar atau pendidikan orang dewasa tentunya lebih mengarah kepada pencapaian pemantapan identitas dirinya sendiri untuk menjadi dirinya Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesadaran warga belajar terhadap wajib belajar di sektor pendidikan maka dapat digunakan  salah satu indikator yang  juga  dapat dijadikan sebagai bahan informasi untuk mengukur keberhasilan dibidang pendidikan  yaitu dengan melihat tingkat partisipasi masyarakat terhadap pendidikan itu sendiri, dilihat melalui Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM). Andragogi menempatkan orang dewasa dalam layanan pendidikan yang bersifat demokratis, bertumpu kepada kesejajaran, kesepadanan dan persamaan perilaku kegiatan belajar. Dengan demikian andragogi adalah proses pembelajaran yang dapat membantu orang dewasa menemukan dan menggunakan hasil temuannya yang berkaitan dengan lingkungan sosial, adanya interaksi dan saling pengaruh antara tutor dengan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk dapat mengumpulkan, menyusun serta menganalisis hasil penelitian tentang pendekatan andragogi dapat menumbuhkan kesadaran wajib belajar pada kelompok penyanyi jalanan di kota serang. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka ditemuakan beberapa faktor yang menjadi pengaruh dalam meningkatkan kesadaran wajib belajar bagi anggota KPJ serang diataranya faktor penghasilan atau pendapatan, faktor pendidikan orang tua, faktor ekonomi keluarga, faktor kemampuan kognitif kecerdasan, dan faktor loksi sekolah. Program wajib belajar merupakan program pemerataan dan perluasan kesempatan pendidikan yang sangat esensial dalam membentuk masyarakat yang mempunyai potensi memadai untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan seluruh rakyat yang makin adil dan merata.

Full Text:

PDF

References


Ahmud, diputra, Enuh dan Suyatna Atmaja, Basar. 1986. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Karunika.

Akdon dan Riduwan. 2008. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Anderson, Norman. 2006. Forgiveness: a Sampling of Research Results. Washington DC: American Psychological Association.

Balitbang Depdiknas. 2003. Pelayanan Profesional Kurikulum 2004. Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Hasanah, Y Merinatul., Jabar, C S Abdul. 2017. Evaluasi Program Wajib Belajar 12 Tahun Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta.https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/8546.

Supriyadi, Edy., Zamtinah. 1993. Wajib Belajar Sembilan Tahun Bagi Masyarakat Tidak Mampu. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8927.

Putri, Aditya Fatmawati. 2015. Penerapan Pendekatan Andragogi dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Warga Belajar Kejar Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten dan Kota Malang. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/13232.

Knowles, M S; Holton E F; & Swanson, R A. 1998. The Adult Learner. Gulf Publishing company. Houston-Texas, USA.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2007. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi aksara.

Raharjo, Tri Joko., Suminar, Tri. 2019. Penerapan Pedagogi dan Andragogi Pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/954.

Ulumudin, Ikhya., Martono, Sri Fajar. 2017. Kajian Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun di Kota Surabaya. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmb/article/view/8758.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta,

Hatimah. 2007. Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v7i2.11322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
sosiologi@untirta.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats