MODAL SOSIAL PADA KOMUNITAS SUPERMOTO (Studi Kasus Pada Komunitas Supermoto Indonesia Pontianak)

Iwan Ramadhan, Muhammad Agus Hardiansyah

Abstract


Perkembangan komunitas motor di era modern bukan hanya sebagai kolompok biasa tetapi berkontribusi dibidang sosial, penelitian ini menggambarkan serta mendeskripsikan peran modal sosial yang dimiliki oleh Komunitas Supermoto Indonesia Pontianak. Modal sosial adalah bentuk modal Komunitas Pontianak Supermoto Indonesia diantaranya jejaring sosial, norma dan kepercayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sedangkan ketua umum dan ketua pelaksana Komunitas Supermoto Indonesia Pontianak sebagai sumber data pada penelitian ini.. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah modal sosial yang dilakukan oleh Komunitas Pontianak Supermoto Indonesia memberikan dampak yang baik bagi setiap anggota komunitas dan komunitas lainnya. Modal sosial inilah yang membuat komunitas ini memiliki banyak relasi sosial dengan berbagai institusi dan komunitas lainnya. Dalam bentuk modal sosial yang berkaitan dengan norma, komunitas ini juga mengikuti norma yang ada karena norma tersebut sudah tercantum dalam AD / ART komunitas Supermoto Indonesia Pontianak. Selain norma, mereka juga memiliki keyakinan yang dimiliki, kepercayaan itu ada bila anggota dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Dan juga terdapat jejaring sosial yang dapat menjadikan komunitas ini relasi sosial dengan beberapa institusi dan komunitas lain. Jejaring sosial tersebut berupa toko-toko yang terkait dengan sepeda motor, Polisi Lalu Lintas, dan komunitas sepeda motor lainnya. Dengan ketiga bentuk modal sosial tersebut maka hubungan sosial yang terjalin akan semakin baik bagi masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Suparman. 2013. “Potensi Dan Kekuatan Modal Sosial Dalam Suatu Komunitas.” SOCIUS : Jurnal Sosiologi XII:15–21.

Achmad Syahrul Zaini. 2018. “Pola Komunikasi Komunitas Dalam Mempertahankan Solidaritas Anggota (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Komunitas Nusa Tenggara Timur Tiger Club ).” Jurnal Ilmu Komunikasi 7(1):1164–70.

Adam, Brian, and Fx Sri Sadewo. 2014. “Modal Sosial Dalam Komunitas Vespa BananaCity150 Di Kecamatan Gedangan-Sidoarjo.” Jurnal Paradigma 2(2):1–5.

Aziz, Abdul. 2017. “Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam.” Mediakita 1(2):173–84. doi: 10.30762/mediakita.v1i2.365.

Eriska Rena. 2017. “Komunitas K-Popers Pekanbaru (Studi Tentang Pembentukan Kelompok Sosial.” Jurna; Sosial Dan Ilmu Politik 4(2):1–15.

Field, J. 2011. Modal Sosial (Alih Bahasa: Nurhadi). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Geneva Dwika Passiflora. 2016. “Dukungan Sosial Pada Komunitas Motor.” Jurnal Psikologi Sosial 5(3):28–36.

Indah Puji Lestari. 2013. “Interaksi Sosial Komunitas Samin Dengan Masyarakat Sekitar.” Jurnal Komunitas 5(2):267–79.

Ishak, Aswad. 2012. “Peran Public Relations Dalam Komunikasi Organisasi.” Jurnal ASPIKOM 1(4):373. doi: 10.24329/aspikom.v1i4.38.

Iskandar. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kuanlitatif Dan Kualitatif). Jakarta : GP Press.

Muslim, Angga. 2013. “Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis.” Jurnal Diskursus Islam 1(3).

Nawawi, Hadari. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Pontianak : Gadja Mada University Press. Pontianak : Gadja Mada University Press.

Ningsih, Dian A. D. Y. 2014. “Komunitas Motor Gede ‘ Tiger Community Samarinda ’ ( Tcs ) Di Kota Samarinda.” 2(2):108–23.

Nova Hafisatul Maula. 2017. “Budaya Komunitas Pengendara Motor (Studi Etnografi Pada Depok Tiger Club).” Budaya Komunitas Pengendara Motor (Studi Etnografi Pada Depok Tiger Club) 53(9):1689–99.

Novitasari, Ragil Tri, Izhar Salim, and Iwan Ramadhan. 2021. “Upaya Komunitas Motor Supermoto Indonesia Pontianak Dalam Menjaga Solidaritas.” Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa 1–9.

Nur Rachma Permatasary, and R. Indriyanto. 2013. “Interaksi Sosial Penari Bujangganong Pada Sale Creative Commonity Di Desa Sale Kabupaten Rembang.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 53(9):1689–99.

Rachman, Margareta Aulia. 2019. “Nilai, Norma Dan Keyakinan Remaja Dalam Menyebarkan Informasi Sehari-Hari Di Media Sosial.” JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi) 4(1):68. doi: 10.30829/jipi.v4i1.4110.

Rahman, Abdul Rafi Azhar dan M. Taufiq. 2018. “Solidaritas Organik Komunitas Sepeda Di Garut Selatan.” Jurnal Sosiologi 6(11):951–52.

Rahman, Nanda Aulia, Eka Vidya Putra, Universitas Negeri Padang, and Kontak Sosial. 2021. “Dinamika Sosial Komunitas Motor Vixion YVCI Di Kota Sungai Penuh (Studi Fenomenologi: Komunitas Di Jalan Muradi Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh Kabupaten Kerinci).” 4(1):28–38.

Ramadhan, Iwan, Jagad Aditya Dewantara, Efriani Efriani, Yudhistira Oscar Olendo, and Muhammad Fachrurrozi Bafadal. 2020. “Waterfront Sebagai Modal Sosial Ekonomi Masyarakat Di Tepian Sungai Kapuas.” ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial Dan Budaya 9(3):213–25. doi: 10.33772/etnoreflika.v9i3.877.

Rima Apriza. 2017. “Berpikir Positif Terhadap Komunitas Motor.” Junral Psikologi Sosial 3(2):68–75.

Saban, Aksul. 2015. “Identitas Kelompok Pengguna Motor Yamaha RX King Di Kota Manado.” Jurnal Holistik 8(15):1–18.

Saidang, Saidang, and Suparman Suparman. 2019. “Pola Pembentukan Solidaritas Sosial Dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3(2):122–26. doi: 10.33487/edumaspul.v3i2.140.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Syaifuddin, Muhammad Amin, Lelly Qodariah, and Hari Naredi. 2019. “Modal Sosial Komunitas Sosial Motor Tua JAPS Bratstyle Indonesia: Sttudi Kasus Paspanpres, Jakarta Timur.” 1(2):1–11.

Tambunan, Abraham Partogi P. 2019. Komunitas Sepeda Motor Klasik Pada Masyarakat Modern ( Studi Tentang Peran Modal Sosial Pada Kolektor Sepeda Motor Klasik Jepang).

Warusman, Juwono Dwi, and Nindria Untarini. 2016. “Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Anggota Komunitas Sepeda Motor Honda Vario 125cc Di Surabaya).” Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 4(2):35–41.

Wigo Mardana Pinky Mayo, Mohamad Syahriar Sugandi. 2018. “Perilaku Komunikasi Komunitas Korea Dalam Pembentukan Modal Sosial (Studi Fenomenologi Pada Anggota Komunitas Korea Hansamo Bandung).” Universitas Telkom 4:11–29.

Yogo Mukti Wibowo. 2012. “Modal Sosial Pada Komunitas Motor Di Yogyakarta (Studi Pada Jogja Automotive Community Yogyakarta).” Jurnal Pendidikan Sosiologi 2(1):32–45.

Yuandha Arungjagad. 2018. “Usaha Komunitas Motor Dalam Menjaga Citra Komunitas Di Kota Yogyakarta ( Studi Pada Club Motor Kracker Jogja Supermoto ).” Jurnal Ilmu Sosial 1(2).

Yuwafi, Maulana Nuski. 2016. “Fungsi Sosial Pada Komunitas Sepeda Motor.” Junral Psikologi Sosial 2(3):1–17.

Zainullah, I Wayan Mudana, Tuty Maryati. 2020. “Peran Organisasi Kemahasiswaan Dalam Menumbuhkan Nilai Solidaritas Sosial Antar Masyarakat Di Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pendidikan Ganesha.” 2:400–411.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v7i2.12636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
sosiologi@untirta.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats