IMPLEMETASI KEGIATAN LITERASI DAN KEBUDAYAAN SEBAGAI SARANA PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan, menggambarkan faktor pendukung dan penghambat, dan menganalisis hasil pelaksanaan penguatan karakter religius pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa. Implementasi kegiatan literasi budaya dan kewargaan sebagai sarana penguatan karakter religius di SDIT Assa’adah Global Islamic School (AGIS) dilakukan melalui berbagai kegiatan pembelajaran baik itu pembelajaran yang sifatnya Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Beberapa program penunjang yang ada sebagai respon dari kebutuhan peserta didik di masa yang akan datang merupakan salah satu faktor pendukung kegiatan yang dilakukan sedangkan inkonsistensi merupakan tantangan yang saat ini masih terus dihadapi oleh pihak sekolah. Penguatan karakter religius terhadap peserta didik yang dilakukan secara menyeluruh ini memberikan dampak yang cukup signifikan dan dapat terlihar dari kepribadian peserta didik khususnya pada aspek religius dengan menunjukan kedisiplinan saat beribadah dan berprilaku di lingkungan sekolah.
Kata-kata Kunci: Abad 21, Pendidikan Karakter Religius, Kegiatan Literasi Budaya dan Kewargaan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v8i2.16557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]
Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by: