peningkatan hasil belajar siswa materi perubahan sosial melalui pembelajaran kooperatif (nht) pada kelas ix/i di mtsn 2 pandeglang
Abstract
Abstrak
Model Pembelajaran Kooperatif adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas siswa, interaksi, penguasaan siswa terhadap materi. Salah satu pendekatan dari model pembelajaran kooperatif adalah pendekatan struktural. Pendekatan ini memberikan pemecahan pada penggunaan struktur yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Pendekatan struktural terdiri dari dua macam struktur yang terkenal yaitu Think Pair Share (TPS) dan Numbered-Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi, serta diperkuat dengan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri atas siswa kelas IX/I tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini juga di kaji dengan model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Hasil penelitian ini menujukan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX/I MTsN 2 Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup memuaskan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar berdasarkan tes siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 79,68 yang berada pada kriteria baik.
Kata kunci : Perubahan Sosial, Pembelajaran, Kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sugihartono. Dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres
Soerjono Soekanto dan Budi Sulistyowati. 2014. “Sosiologi Suatu Pengantar” Edisi Revisi (Jakarta: PT Raja GrafindoPersada).
Sugiyono, 2014 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v8i2.19539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]
Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by: