peningkatan hasil belajar siswa materi perubahan sosial melalui pembelajaran kooperatif (nht) pada kelas ix/i di mtsn 2 pandeglang

mohamad humaedi

Abstract


Abstrak

Model Pembelajaran Kooperatif adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas siswa, interaksi, penguasaan siswa terhadap materi. Salah satu pendekatan dari model pembelajaran kooperatif adalah pendekatan struktural. Pendekatan ini memberikan pemecahan pada penggunaan struktur yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Pendekatan struktural terdiri dari dua macam struktur yang terkenal yaitu Think Pair Share (TPS) dan Numbered-Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi, serta diperkuat dengan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri atas siswa kelas IX/I tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini juga di kaji dengan model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Hasil penelitian ini menujukan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX/I MTsN 2 Pandeglang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup memuaskan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar berdasarkan tes siswa. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 79,68  yang berada pada kriteria baik.

 

Kata kunci : Perubahan Sosial, Pembelajaran, Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sugihartono. Dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres

Soerjono Soekanto dan Budi Sulistyowati. 2014. “Sosiologi Suatu Pengantar” Edisi Revisi (Jakarta: PT Raja GrafindoPersada).

Sugiyono, 2014 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v8i2.19539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats