IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan eksperimen murni sebagai metode penelitian dengan desain posttest only control group design. Sebelum melakukan penelitian peneliti mempersiapkan instrument tes terlebih dahulu, dimana instrument tes ini diberikan kepada kelas yang lebih tinggi, setelah itu dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah tes dinyatakan valid dan reliabel, kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dinyatakan normal dan homogen, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Dari hasil hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai t hitung < t tabel, yaitu sebesar 0.000 <0.05, hal ini sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, Ha diterima dan berarti bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar sosiologi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan perolehan F-hitung 19.312 > F-tabel 3.98.
Kata Kunci : Cooperative Learning, Jigsaw, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Creswell, W John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riadi, Edi. 2016. Statistika Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenadan Media Group
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno B. Hamzah & Mohamad Nurdin. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i2.7384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]
Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by: