MODEL BELAJAR LITERASI BERBASIS ANALISIS KONTEN DALAM MEMAHAMI MATERI SOSIOLOGI SMA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat mahasiswa dalam membaca dan meningkatnya sikap pasif di kelas. Lesson study sendiri awalnya digunakan di jepang sebagi upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan. Lesson study memiliki banyak manfaat baik untuk pengajar , observer maupun mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penerapan lesson study dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan sosiologi, universitas Negeri Jakarta melalui metode literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ angkatan 2016 yang berjumlah 50 mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini didapatkan beberapa hasil diantaranya ; 1) masih kurangnya minat membaca mahasiswa dan lemahnya kemampuan membaca literature, 2) Keterampilan yang diperlukan berkaitan dengan kemampuan literasi mahasiswa yakni membaca, menulis, public speaking dan keterampilan berbahasa inggris dan 3) Penilaian sumatif pada mata kuliah ini diperoleh nilai rata – rata kelas 85 atau dalam rentang nilai huruf A- dan ada penilaian proses yang dilakukan didapatkan dari 50 mahasiswa 20% berada pada skala penilaian cukup untuk kemampuan literasi dan 80% berada pada rentang baik.
Kata Kunci : Lesson Study, Kemampuan Berfikir Kritis, Metode Literasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v6i1.7523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]
Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by: