MENGUATKAN KARAKTER PESANTREN MELALUI KONSEP MUADALAH

Rt. Bai Rohimah, Ima Maisaroh, Istinganatul Ngulwiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri akar historis pesantren muadalah, prosesnya, tipologi dan jenjang pendidikannya, kurikulum, hakikat status muadalah pada pesantren, serta tantangannya di masa depan sebagai sebuah satuan pendidikan khas pesantren. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Data yang dianalisis didalamnya berbentuk deskriptif dan tidak berupa angka-angka seperti halnya pada penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian itu dilakukan. Oleh karena itu, penelitian kualitatif mampu mengungkap fenomena-fenomena pada suatu subjek yang ingin diteliti secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian bahwa lahirnya Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah pada Pondok Pesantren menjadi bukti konkret rekognisi konstitusional pemerintah. Terbitnya Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2014 ini semakin memantapkan posisi pesantren sebagai sub-sistem pendidikan nasional. Selain akan semakin meningkatkan taraf kepercayaan masyarakat sebagai pengguna layanan pendidikan yang dikembangkan di pesantren, juga konsep muadalah ini diharapkan menjadi model bagi pesantren salafi lainnya yang tersebar di Banten. 


Full Text:

PDF

References


Astutik, N. N. (2010). Manajemen kurikulum dan pembelajaran pondok pesantren Mu'adalah dan ghoiru mu'adalah (studi multi kasus di madrasah aliyah pondok pesantren salafiyah pasuruan dan madrasah aliyah pondok pesatren darul karomah gunung jati Pasuruan. Muatan Lokal Perpustakaan Universitas Negeri Malang, hal. 12.

Hamzah, M. (2018). Transformasi Pondok Pesantren Muadalah: Antara Fakta Historis Dan Tantangan Masa Depan. Jurnal Reflektika, Volume 13, No.1, Januari – Juni ..

Indonesia, M. A. (2014). Peraturan Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Satuan Pendidikan Muadalah Pada Pondok Pesantren. Jakarta.

Lisda Nurul Romdoni, Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren, Bandung: Jurnal Pendidikan Islam At Thariqoh, Vol. 5 No. 2 Juli-desember 2020

Ri, D. A. (2017). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2017 Tentang Penetapan Perpanjangan Status Kesetaraan Satuan Pendidikan Muadalah Pada Pondok Pesantren. Jakarta.

Suyatno. (2015). Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam Volume IV, Nomor 1, Juni, 73.

Titi Kadi, R. A. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara Vol. 01 No. 02 Juli – Desember, 152.

Yusuf, C. F. (2009). Pedoman Penyelenggaraan Pondok Pesantren Muadalah. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.