PENERAPAN TEKNIK MODELING DALAM MENUMBUHKAN MINAT HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VII MTS DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN

Iwan Ridwan, Jakaria Jakaria, Ratu Amalia Hayani, Suci Humaeroh

Abstract


Menghafal Al-Qur’an bukanlah sesuatu yang mudah tetapi bukan pula sesuatu hal yang tidak mungkin, sebab pada zaman Nabi sudah banyak yang menghafal Al-Qur’an. di sekolah formal atau swasta, mengenalkan Al-Qur’an pada siswa, mengajarkan membaca dan menghafal menjadi tanggung jawab semua orang. Sering kali upaya untuk menghafal Al-Qur'an berhadapan dengan berjuta kendala dan masalah yang dihadapi orang untuk menghafal Al-Qur’an, mulai dari minat, lingkungan, pembagian waktu yang tersedia, metode menghafalnya, kemampuan menghafal, hingga hilangnya hafalan yang sebelumnya telah diperoleh dan karena adanya motivasi yang kurang sesuai dengan prinsip teori yang benar. Tujuan peneliti ini untuk Untuk mengetahui penerapan pendekatan teknik modeling dalam menumbuhkan  minat menghafal  Al-Qur’an pada siswa kelas VII KMA di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an  Mathla'ul Anwar, untuk mengetahui ke efektivitas pendekatan teknik modeling dapat menumbuhkan minat hafalan Al-Qur'an pada siswa kelas VII MTs di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Mathla'ul Anwar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dilaksanakan dengan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Bentuk penanganan yang diberikan peneliti yaitu dengan penerapan teknik modeling Live Model dan Syimbolic Model, yang merupaka metode dalam menumbuhkan minat hafalan siswa kelas VII mathla’ul anwar. Minat hafalan siswa kelas VII KMA 2 dalam penerapan teknik modeling dengan menggunakan live model dan symbolic model mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada prosentase minat hafalan yang terus meningkat dari siklus I sampai siklus II. Prosentase minat hafalan siswa pada masing-masing siklus yang menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I 57,7%, kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II. Penerapan Teknik Modeling menggunakan live model dan syimbolic model dapat menumbuhkan hasil hafalan siswa dan minat hafalan siswa, terlihat pada hasil angket yang dilakukan oleh peneliti dikategorikan baik dalam pengelolaan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ani setiani, Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Bandung : PT. Alfabeta 2015.

Anita Wolfolk, Educational Psychology Active Learning Edition Edisi Kesepuluh, Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar, 2009.

Bradley T. Erford, 40 Teknik yang harus diketahui setiap konselor, Yogyakarta: PT. Pustaka Belajar, 2015

Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT. Erlangga, 2018.

Gantina Komalasari, Eka Wahyuni, Karsi, Teori dan Teknik Konselin, Jakarta : PT. Permata Putri Media, 2011.

Gantina Komalasari, Teori dan Teknik Konseling, Jakarta: Indeks, 2011.

George C. Boerre, Personality Theories, Yogyakarta : PT. Ar-ruzz Media, 2010.

Hasan bin Ahmad bin Hasan Hamam, Menghafal Al-Qur‟an Itu Mudah, Jakarta: Pustaka at-Tazkia, 2008.

John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Kencana, 2014.

Kusno Effendi, Proses dan Keterampilan Konseling, Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar, 2016

Nursalim Mochamad, Strategi Konseling, Unesa University, Surabaya, 2005.

Rochyatun D.A, “Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMAN 3 Yogyakarta” (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015.

Rosihon Anwar, Ulumul Qur’an, Bandung: PT. Pustaka Setia, 2000.

Yahya Abdul Az-Zawawi, revolusi Mrnghafal Al-Qur'an, Surakarta : PT. Insan Kamil, 2010.

Yahya Abdul Fattah Az-Zawawi, Revolusi Menghafal Al Qur’an, Surakarta : PT. Insan Kamil, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.