Penanaman Karakter Melalui Program Tadarus Dan Mentoring Lingkar Studi Pekanan (LSP) Untirta

Rt Bai Rohimah, Istinganatul Ngulwiyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian LPTQ Provinsi Banten, terkait kemampuan membaca Al Qur’an masyarakat yang masih memprihatinkan. Bahwa masih ada sekitar 76,72 persen masyarakat yang belum bisa membaca Al Qur’an secara lancar, bahkan 12 persen di antaranya sama sekali tidak bisa membaca atau buta aksara Al Qur’an. Ruang lingkup penelitian ini adalah mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat di Banten, yang dijadikan sampel. Penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk deskriptif. Pengolahan data dengan menggunakan model evaluasi CIPP, yang merupakan model evaluasi dengan mengacu terhadap context (konteks), input, process (proses), dan product (produk) evaluasi. Berdasarkan temuan hasil penelitian bahwa, mahasiswa memiliki karakteristik yang berbeda terkait kebutuhan akan program yang relevan, namun adanya program mentoring di kegiatan LSP dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa terbukti berdasarkan korelasi Pearson hasil penelitian menunjukkan pada skala 0,150 yang artinya adanya hubungan yang signifikan antara nilai di kelas dengan nilai di kegiatan mentoring LSP.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & C. S. A. J. (2014). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Husnel Anwar Matondang, S. E. (2013). Alqur’an dan Sains (Suatu Sudut Pandang Terhadap Legalitas Penafsiran Sains Atas Al-Qur’an). Journal Polingua : Scientific Journal of Linguistics, Literature and Education, 2(1).

Irsyadunnas. (2012). Studi Al-Qur’an & Hadist. Yogyakarta: Kopertais Wilayah III UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. (2004). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Pendekatan Tradisional, (Neo) liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tantawi, I. (2014). Bahasa Indonesia Akademik. Bandung: Cita Pustaka Media.

Thalib, M. (2015). Al-Qur’an dan Filsafat Kehidupan. Yogyakarta: MU Media.

Umar. (2017). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP Luqman Al-Hakim. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Wahid, W. A. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.

Zulfitria. (2017). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran.

Zulfitria. (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an Dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.