Pendidikan Karakter Islami Perspektif Ahmad Tafsir

Abdurrohim Abdurrohim, Iwan Ridwan, Ratu Amalia Hayani

Abstract


Penelitian  ini menganalisis fenomena yang ada bahwa dekadensi moral sudah sangat memprihatinkan. Banyaknya kenakalan remaja, tawuran, kecurangan, dan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menganalisis pendidikan karakter Islami menurut seorang tokoh  pendidikan  Islam di Indonesia, yaitu Ahmad Tafsir dilihat dari sistem pendidikan yaitu;  tujuan, materi, metode, dan evaluasi.  Ahmad Tafsir memandang bahwa tujuan universal yang utama dari pendidikan karakter yakni dengan akhlak yang mulia melalui penanaman Pendidikan keimanan. Karena iman membentuk watak dan karakter yang kuat dalam membentuk generasi yang bermartabat. Materi yang disampaikan dalam pendidikan karakter adalah nilai-nilai universal yang menjadi titah dan ajaran  agama Islam, diantaranya adil, amanah, ihsan, jujur, kasih sayang, malu, memenuhi janji, menahan marah, menjaga kehormatan, pemaaf, sabar, santun, dan tawadlhu. Pemilihan metode mendidik untuk menumbuhkan karakter yang baik bagi peserta didik disesuaikan dengan fase-fase kehidupannya, dengan menerapkan Pendidikan keimanan untuk mencapai akhlak yang mulia sebagai karakter dalam kehidupannya. Komponen Evaluasi merupakan pengejawantahan dari tujuan pendidikan. Apakah tujuan pendidikan yang diharapkan telah tercapai. Jika tidak, dimanakah letak persoalannya,  apakah tujuan yang dirumuskan terlalu tinggi atau tidak,  mungkin teori yang disampaikan tidak sesuai dengan tingkat pendidikan para peserta didik,  atau metode yang disampaikan tidak relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat. Implikasi pendidikan  karakter terhadap pendidikan Islam yakni konsep pendidikan karakter yang diterapkan pada peserta didik harus mampu menumbuhkan generasi yang berkarakter, yang seluruh aspek kehidupannya; baik emosi, kognitif, kreatifitas, fisik, moral, dan spiritual terintegrasi dengan baik. Sesuai pijakan syariat Islam sehingga melahirkan akhlak mulia sebagaimana telah dicontohkan oleh Nabi Muhammmad sebagai teladan terbaik sepanjang zaman.

Full Text:

PDF

References


Daradjat, Zakiah, 1976, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Doni Kusuma, Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2007.

Endang Sumantri, 2008, Seabad Kebangkitan Nasional, Bandung: Yasindo Multi Aspek.

Hamalik, Umar, 1982, Pengajaran Unit, Bandung: IAIN SGD.

Majid, Abdul, 2010, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung: Insan Cita Utama.

Megawangi, Ratna, 2000, Mampukah Kita Memperbaiki Kondisi Moral Bangsa, Jakarta: Suara Pembaruan.

Muhajir, 1992, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.

Munir, Abdullah, 2010, Pendidikan Karakter; Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah, Jogjakarta: Pedagogia.

Permenag Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Q. Anes, Bambang, 2010, Pendidikan Karakter Berbasis AlQuran, Bandung: Simbiosa Rekatama.

Rizkiah, Neni, 2011, Pendidikan Berkarakter Islami, Bandung: UIN SGD,

Saebani, Ahmad, 2009, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, .

Tafsir, Ahmad, 2005, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosdakarya.

_______________, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Rosdakarya.

_______________, 2008, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Rosdakarya.

Zuhairini, dkk, 1981, Metodik Khusus PAI, Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.