Pendidikan Karakter Islami Dalam Pandangan Muhammad Quraish Shihab

Ratu Amelia Hayani, Abdurohim Abdurohim, Iwan Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena dekadensi moral remaja, yang menjadi problematika pendidikan, siswa yang memiliki karakter suka menang sendiri, memaksakan kehendak, berbuat curang,  Tindakan kekerasan, kurangnya kepedulian sosial, bahkan menjadi pecandu narkoba. Merujuk pendapat ulama tafsir yang menyepakati bahwa pendidikan karakter Islami sebagai tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis unsur-unsur pendidikan karakter Islami didalam Q.S Al-Mu'minun 1-9, dengan mengkaji tafsir Al-Mishbah karya Habib Muhammad Quraish Shihab. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif, yang menerapkan metode studi kepustakaan, menggunakan sumber data primer tafsir Al-Mishbah dan sekunder berupa buku-buku yang mengkaji pokok permasalahan tidak langsung. Teknik pengumpulan data, keabsahan dan analisis data yang diterapkan yaitu dokumentasi, triangulasi teori dan analisis isi. peneliti melakukan analisis terhadap Q.S Al-Mu'minun ayat 1-9, dengan melakukan tela’ah pada Tafsir Al-Mishbah, bahwa Allah SWT menjamin keberuntungan bagi orang beriman yang memiliki tujuh karakter kebaikan, yaitu: Beriman, Khusyu’ dalam shalat dan memeliharanya. Enggan berkata dan berbuat sia-sia, Mensucikan  jiwa dan hartanya dengan menunaikan  zakat, infaq dan wakaf. Memelihara kemaluan dan harga dirinya. Memelihara amanat. Kemudian  terdapat Tujuh nilai pendidikan karakter  Islami yang diajarkan dan dibiasakan oleh murid-murid sejak dini, yaitu : 1) Jujur, 2) Percaya diri, 3) Bersikap kritis 4) Peduli 5) Tegas 6) Bertanggungjawab  7) Disiplin.

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Abdul Rauf, Lc. (2020) , Mushaf Al-Huffaz , Al - Qur'an Hafalan Mudah , Bandung : Cordoba.

Abdul Majid, (2010) Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Bandung: Insan Cita Utama.

Ahmad Tafsir, (2011) Pendidikan Budi pekerti, Bandung: Maestro.

M. Quraish Shihab, (2002) Tafsir Al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, Vol 14, 177.

Mukhtar, (2007) Bimbingan Skripsi , Tesis , dan Artikel Ilmiah; Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan, Jakarta: Gaung Persada Press.

Neni Rizkiyah, (2011) Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Islam, Bandung: PPS UIN SGD.

Nurla Isna Aunillah (2011) , Panduan Menerapkan Pendidikan . Yogyakarta : Laksana.

Sutrisno Hadi, (1986) Metodologi Research, Yogyakarta: Psikologi UGM.

Thantawy. (2005). Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.