Implementasi Nilai-nilai Taqwa di Lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Ade Septiana, Agni Qisty Aulia, Audrin Salsabila Putri Ana, Delis Raozatul Aulia, Fatma Emilia, Gisha Dwi Mawarni, Najwa Rizkia, Namira Andini, Riska Nurwiah, Siti Gina, Mazumi Mazumi

Abstract


Taqwa adalah konsep yang sangat penting dalam Islam. Taqwa merujuk pada perasaan takut dan penghormatan kepada Allah SWT. serta ketaatan dan ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku mahasiswa Untirta serta menerapkan nilai-nilai taqwa sebagai upaya peningkatan karakter JAWARA Muda, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan teknik penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa mayoritas mahasiswa Untirta masih menunjukkan perilaku yang kurang baik, yang ditunjukkan oleh kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai taqwa dalam rutinitas sehari-hari mereka. Hal ini dapat dilihat dari perilaku mahasiswa yang masih sering melanggar aturan, kurang disiplin, dan kurang peduli terhadap lingkungan sekitar. Sehingga diperlukan pendakatan yang menyeluruh untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai taqwa di kalangan mahasiswa, sehingga dapat membentuk karakter JAWARA Muda yang lebih baik. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pihak universitas, khususnya dalam pengembangan program-program pembinaan karakter mahasiswa yang berbasis pada nilai-nilai taqwa. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga bisa dijadikan acuan untuk riset-riset mendatang yang terkait dengan pengembangan karakter mahasiswa di institusi pendidikan tinggi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Firdan Martiansa, Arsany, Ahmad A Rizky Chendi, Ahmad Jazim Irsyaduddin, dan dan M Raffi Ardhani. 2022. “Konsep Takwa dan Iman Kepada Allah Serta Realisasinya dalam Kehidupan.” Global Islamika: Jurnal Studi dan Pemikiran Islam 1(1): 8–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.7030336.

Indahningrum, Rizka putri, dan lia dwi jayanti. 2020. “Konsep Nilai Karakter Islami sebagai Pembentuk Peradaban Manusia” 2507(1): 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Kuning, Abdul Halim. 2018. “Takwa dalam Islam.” Jurnal Istiqra’ 6(1): 103–10.

Liana, Chendi, Herta Armianti, dan Muhammad Ali. 2017. “Pengaruh Terpaan Tayangan Religi di Televisi Terhadap Sikap dan Perilaku Taqwa Pemirsa.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 2(1).

Ma’zumi, Syihabudin, dan Najmudin. 2023. “The Effect of Islamic Character Education Factors on Green Entrepreneurial Behavior ; A Case of State University Students in Banten Province.” (November): 2949–62.

Muhibah, Siti, dan Iwan Ridwan. 2023. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.” Jurnal Pendidikan Karakter … 9(2): 13–38. https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/view/23140%0Ahttps://pustaka.untirta.ac.id/index.php/JAWARA/article/viewFile/23140/11547.

Muhtadin, Muhtadin. 2014. “Kajian Komunikasi Allah Tentang Taqwa, Dzikir, Dan Falah Dalam Makna Semantik.” WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi XIII(Vol 13, No 1 (2014)): 9–17.

Novitasari, Dini, Iskandar Ladamay, dan Ludovikus Bomans Wadu. 2019. “Upaya Pembentukan Karakter Religius Islam pada Siswa Melalui Keteladanan di Sekolah Menengah Kejuruan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen 3: 174–81.

Nuryanti. 2019. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0” Yogyakarta, (September): 319–28. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/5540%0Ahttps://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/5540/3088.

Prasetyo, Anggi Ahmad, Dicky Irawan, dan Siti Ayudia Monita. 2023. “Penerapan Nilai-Nilai Agama dalam Olahraga.” Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 1(3): 190–96.

Qurroti A`yun, Zahra `Arih Wicahya, dan Laila Tasa Kurnia. 2023. “Penerapan Nilai IMTAQ Siswa Melalui Pembiasaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMPN 21 Malang.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 6(1): 153–62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.