Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall pada Pembelajaran PKn SD untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa

EVI NURLAILA NURLAILA

Abstract


Pembelajaran PKn cenderung tidak memanfaatkan media pembelajaran, sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang antusias dalam mengikutinya. Untuk itu, dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif seperti wordwall pada pembelajaran PKn SD sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa. Kajian literatur ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran wordwall pada pembelajaran PKn SD untuk meningkatkan keaktifan siswa, dengan mempertimbangkan karakteristik siswa seperti motivasi, bakat, minat, kemampuan awal, gaya belajar, dan kepribadian . Kekhasan penelitian ini dibandingkan dengan penelitian lainnya membahas literatur yang lebih kompleks, diantaranya membahas hakikat media pembelajaran wordwall, pemanfaatan media pembelajaran wordwall secara mendalam, dan kelebihan-kelebihannya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis deskriptif, dengan mengkaji beberapa teori yang menjadi sumber utama dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa fungsi media pembelajaran wordwall pada pembelajaran PKn SD diantaranya:memperjelas penyajian pesan; mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra; meningkatkan kegairahan belajar; memberikan rangsangan yang sama.  Adapun kesimpulannya media wordwall dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa SD.

 

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggito Albi & Setiawan Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak Publisher.

Aprinastuti, Cristiyanti. dkk. (2023). Special Book for Media Tutorial ICT-Based Learning. Yogyakarta: Stiletto Book.

Jalinus Nizwardi & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kammis, Hadi. 2022. Manfaat Media Pembelajaran. Kalabahi: STKIP Muhammadiyah Kalabahi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Maghfiroh, Khusnul. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan. 4 (1). 69.

Puspitarini, Dyah. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 8 (3). 389.

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 TH. 2003). (Jakarta: Sinar Grafika, 2003 ), hlm. 6.

Sari, Sri Utami Kenongo. (2021). Penerapan Model PBL untuk Merangsang Keaktifan Siswa pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. 1 (1). 685.

Siyoto, Sandu & Sodik M. Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suyanto & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. Indonesia: Erlangga.

Vista, Erlynda Runtut Bela. dkk. (2020). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Melalui Media Game Online Wordwall Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. 4 (2). 277.

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negri 1 Saptosari. Jurnal Electronics. 1 (2). 130

Zahro, Nur Azizah Qodiriyah & Adi Rizky Pratama. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Mahasiswa. 2 (2). 6596.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

PP. No 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Departemen agama RI 2006), hlm.115


Refbacks

  • There are currently no refbacks.