TERCIPTANYA PEMIKIRAN KRITIS PADA GENERASI ALPHA DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PKN SD

EVI NURLAILA NURLAILA, Della Okta Rinanda, Khoirunisa Zahrani, Lisa Indriani

Abstract


Studi literatur ini bertujuan untuk mendeskrisikan bagaimana terciptanya pemikiran kritis pada generasi alpha khususnya pada mata pelajaran PKn serta memahami bagaimana respon dan sikap generasi alpha dalam menerima pembelajaran, memproses dan mengolah informasi guna menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) yaitu mengidentifikasi, meninjau, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia untuk mensintesis bukti-bukti berdasarkan penelitian terdahulu atau yang sudah ada yang dilakukan secara sistematis untuk menjawab sebuah pertanyaan. Dalam proses pengumpulan data dilakukan dengan cara membuat perencanaan dan menganalisis jurnal-jurnal menggunakan teknik simak dan catat yang menjadi acuan untuk dijadikan referensi dan juga dengan melakukan pengamatan pada kehidupan sehari-hari khususnya pada sikap para peserta didik dalam mengatasi permasalah antar toleransi lalu menyimpulkan hasil penelitian secara teoritis terkait pembelajaran PKn di era sekarang

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aditya. dkk. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Metode Restirasi Terhadap hasil belajar matematika siswa. JSAP 1(2). 164-174.

Aida, N. T., Anggoro, S., & Andriani, A. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Poe ( Predict Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 164–172.

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dapat ditingkatkan melalui Optimalisasi Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–208.

Astawayasa, K. G., Widana, I. W., & Rasmen Adi, I. N. (2022).Pengembangan asesment HOTS mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 129-141.

Daradjat, Zakiah. (2008). Metodik Khusus Guruan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Dermawan, D. D. (2023). Pengembangan Asesmen Hots Multiple Choice Mengunakan Aplikasi Quizizz Di Sekolah Dasar. 6(3), 1335–1345.

Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1671-1579.

Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 209-219.

Djamarah dan Zain 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, R. . (2011). The Nature of Critical Thingking: An Outline of Critical Thingking Disposition and Abilities. University of Illionis.

Hendrizal. 2015. Kajian Psikologi Pen- didikan dalam Pembelajaran. Padang: Bung Hatta University Press.

Kurniawan, M. I. (2018). Buku Ajar Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Umsida Press, 1-115.

Miftahul Huda (2016). Pengertian Pendidikan. In: BAB II TINJAUAN PUSTAKA. A. Kerangka Teoritis.

Nugraheni, A., Kafiliani, D., Karnia, F. T., & Hajron, K. H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1675–1684.

Nurul, dkk (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemikiran Kritis pada Generasi Alpha dengan metode Resitasi. Jurnal Pendidikan, 2(2), 1-10.

Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Siti Nurul,dkk. (2021). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Pemikiran Kritis Pada Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 1-10.

Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. 42-43.

Widana, I. W. & Ratnaya, I. G. (2021). Relationship between divergent thinking and digital literacy on teacher ability to develop HOTS assessment. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(4), 516-524.

Wiguna, F. A. (2017). Pengaruh Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 45-64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.