Analisis dan Pengembangan Karakter Spiritual Mahasiswa Melalui Kegiatan RDK (Ramadhan di Kampus)
Abstract
Penelitian ini tentang bagaimana kegiatan RDK (Ramadhan di Kampus) memberikan dampak terhadap pembentukan karakter dan peningkatan spiritual mahasiswa FKIP Untirta. Mahasiswa merupakan motor penggerak kehidupan kampus yang mampu menciptakan suasana akademik yang tidak hanya bernilai intelektual namun juga spiritual. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan meneliti fenomena sosial dalam kegiatan RDK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan di RDK dapat menumbuhkan sikap kepemimpinan di kalangan mahasiswa yaitu jujur, adil, wibawa, amanah, religius dan akuntabel
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, T., H. Dai, R., Yunarti, S., & Hadju, R. R. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penguatan Kapasitas Mahasiswa, Alumni dan Organisasi Kemahasiswaan Menggunakan Framework Laravel. Digital Transformation Technology, 3(2). https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.2797
Afni, S. R. N. (2022). Konsep Pendidikan Spiritual Perspektif Al-Quran Surat Luqman Ayat 12-19 dan Konstekstualisainya dalam Pembelajaran K-13. etheses.iainkediri.ac.id. http://etheses.iainkediri.ac.id/6034/
Azizah, I. Y., Soesilawaty, S. A., & Marhamah, R. (2023). Improving Students’ Communication Skills Using Student Worksheets on Nervous System Concepts. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.52889/jpig.v3i2.257
Bariyah, K. B. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Alquran. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. http://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/HIJ/article/view/67
Fahmi, M., Prasetia, S. A., . S., & Nisa’, Z. (2021). Quo Vadis Pendidikan Karakter di Indonesia. TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01). https://doi.org/10.52166/tabyin.v3i01.123
Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260
Fitiyana, A. M. (2014). Konsep Spiritual Quotient Dalam Pendidikan Islam. IAIN Walisongo.
Hidayat, W., Zuniarto, M. T., Dina Wachidah Septiana, & Prasetyo, B. (2023). Analisis Deskriptif Pengaruh Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Semarang. Progres Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.29303/prospek.v4i3.397
Lexy J. Moleong, Dr. M. A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Masviyah, R. J., & Mariyati, L. I. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Religiusitas dengan Flow Akademik Pada Mahasiswa Universitas. Seminar Nasional Psikologi Dan …, April.
Nursapia Harahap. (2010). Penelitian Kualitatif. In Hasan Sazali (Ed.), Wal ashri Publishing (Vol. 1, Issue 1). Wal ashri Publishing. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Panjaitan, A. M., Christiani, A., Hartono, N., & Lumempow, E. M. (2021). Activity Participation And Student Profiles In a Gen Z University. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1). https://doi.org/10.19166/pji.v17i1.2570
Purba, G. H., & Bety, C. F. (2022). Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter Berbasis ISEQ. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Sihombing, L. (2020). Pendidikan Dan Karakter Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Christian Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.46965/jch.v4i1.159
Supriani, Y., Nurasa, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Nilai-Nilai Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3538
Suryana. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Utama, L. M., & Budiman, N. (2023). Pendidikan Berkarakter Berperpekstif Islam. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.263
Refbacks
- There are currently no refbacks.