Tantangan pendidikan karakter di Indonesia

Yuli Hermawati Hermawati, Erika Widya Sukma, Siti Rahmawati

Abstract


Artikel ini membahas tentang tantangan dalam pendidikan karakter di sekolah khususnya di indonesia dengan cara mengintegrasikannya ke dalam setiap pembelajaran. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran di setiap jenjang pendidikan dapat dimplementasikan pada materi, proses, dan evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, pemilihan dan sinkronisasi materi dan jenis karakter yang akan dikembangkan perlu dilakukan agar tidak terjadi ketidaksesuaian atau redundansi. Dalam pendidikan karakter terpadu, terdapat perubahan internal dan eksternal. Perubahan internal berasal dari kurikulum, pola pikir, guru, kepala sekolah, atau bahkan birokrasi. Sedangkan perubahan eksternal berasal dari perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang dapt diakses langsung oleh para siswa. Dengan adanya berbagai tantangan tersebut, ada dua pendekatan yang dapat dilakukan untuk menghadapinya. Pendekatan internal dapat berupa peningkatan pemahaman tentang pendidikan karakter dengan mengadakan pelatihan/workshop, saling bertukar pikiran, dan sinkronisasi kebijakan di bidang pendidikan. Pendekatan eksternal dapat dilakukan dengan menempatkan ahli pendidikan karakter di sektor regulasi dan dewan pengawas media massa secara umum.

Full Text:

PDF

References


Hidalyalt, U. S. (2021). Urgensi Pengualtaln Pendidikaln Kalralkter Dallalm Menyialpkaln Generalsi Emals 2045: Straltegi Membalngun Generalsi Cerdals, Berkalralkter daln Berdalyal Saling di ALbald 21. Nusal Putral Press.

Julalehal, S. (2019). Problemaltikal kurikulum daln pembelaljalraln pendidikaln kalralkter. Jurnall Penelitialn Pendidikaln Islalm, 7(2), 157.

Midal, K. K., & Malunalh, B. (2023). Straltegi Pembentukaln Kalralkter Religius melallui Progralm Talmaln Pendidikaln ALl-Qur’aln di MI Tholalbuddin Galndusalri Blitalr. ALHDÃF: Jurnall Pendidikaln ALgalmal Islalm, 1(2), 97–110.

Muhaldjir Effendy, M. AL., & Kebudalyalaln, R. I. (n.d.). ALGENDAL REFORMALSI SEKOLALH: PENGUALTALN PENDIDIKALN KALRALKTER.

Nalfsalkal, Z., Kalmballi, K., Salyudin, S., & ALstuti, AL. W. (2023). Dinalmikal Pendidikaln Kalralkter Dallalm Perspektif Ibnu Khalldun: Menjalwalb Talntalngaln Pendidikaln Islalm Modern. Jurnall Impresi Indonesial, 2(9), 903–914. Nuraleni, N. (2020). Pendidikaln Kalralkter paldal ALnalk Usial Dini. Jurnall Paledalgogy, 3(2), 65–73.

Raltri, E. P., & Naljichal, F. U. (2022). Urgensi Palncalsilal Dallalm Menalnalmkaln Jiwal Nalsionallisme Paldal Generalsi Mudal Di Eral Globallisalsi. Jurnall Globall Citizen: Jurnall Ilmialh Kaljialn Pendidikaln Kewalrgalnegalralaln, 11(1), 25–33.

Salntikal, I. G. N., Kalrtikal, I. M., & Walhyuni, N. W. R. (2019). Pendidikaln kalralkter: studi kalsus peralnaln kelualrgal terhaldalp pembentukaln kalralkter alnalk Ibu Sunalh di Talnjung Benoal. Widyal ALccalryal, 10(1).

Salputral, AL. M. AL., Talwil, M. R., Halrtutik, H., Nalzmi, R., Lal ALbute, E., Husnital, L., Nurbalyalni, N., Salrbalitinil, S., & Halluti, F. (2023). Pendidikaln Kalralkter Di Eral Mileniall: Membalngun Generalsali Unggul Dengaln Nilali-Nilali Positif. PT. Sonpedial Publishing Indonesial.

Sukiyalt, H. (2020). Straltegi implementalsi pendidikaln kalralkter. Jalkald Medial Publishing.

Supralyitno, AL., & Walhyudi, W. (2020). Pendidikaln kalralkter di eral mileniall. Deepublish.

Suryalni, E. (2023). IMPLEMENTALSI KOLALBORALSI GURU DALN ORALNG TUAL DALLALM PEMBELALJALRALN 5.0: STRALTEGI DALN TALNTALNGALN DALLALM KONTEKS SEKOLALH DALSALR. Jurnall Kependidikaln, 8(1), 89– 95. Tuhuteru, L. (2022). Pendidikaln Kalralkter Untuk Menjalwalb Resolusi Konflik. Cv. ALzkal Pustalkal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.