Internalisasi Nilai Karakter Moderat Melalui Project Based Learning (Pjbl) Pada Mata Kuliah Moderasi Beragama

Ma'zumi - Ma'zumi, Suaidi Suaidi, Ima Maisaroh, Nanah Sujanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi Project Based Learning (PjBL) dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter moderat pada mata kuliah Moderasi Beragama. Tujuan utama penelitian adalah internalisasi nilai-nilai karakter moderat melalui PjBL pada mata kuliah Moderasi Beragama, yang sering kali terhambat oleh pendekatan teoritis. Posisi penelitian ini menilai bahwa meskipun sejumlah studi telah mengkaji PjBL dalam konteks pendidikan karakter dan moderasi beragama, masih ada celah dalam penerapannya secara spesifik pada mata kuliah moderasi beragama. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis sintesis dari berbagai temuan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter moderat. Melalui pembelajaran berbasis proyek, mengharuskan mahasiswa untuk berkolaborasi dan menyelesaikan masalah dunia nyata dengan terlibat secara langsung. PjBL mendukung pengembangan sikap toleransi, empati, keseimbangan, kerja sama, serta keterampilan kritis dan reflektif di antara mahasiswa. Kontribusi baru dari penelitian ini terletak pada penerapan PjBL dalam konteks mata kuliah Moderasi Beragama, yang belum banyak dieksplorasi sebelumnya. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana pendekatan berbasis proyek dapat memfasilitasi pemahaman dan penerapan nilai-nilai moderat, serta menawarkan rekomendasi untuk perencanaan dan pelaksanaan PjBL yang efektif dalam pendidikan karakter.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., Pamungkas, I., & Susiati, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.18215

Anies Listyowati. (2018). Kemampuan Mengeksplorasi Bahan Bekas pada Mahasiswa PG-PAUD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya melalui Project Based Learning. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(2), 1–4. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no2.a2261

Aurel, A., Sari, N., & Safitri, D. (2023). Journal of English Language Teaching Integrating Character Education into Project-based Learning in Paragraph Writing Class : A Study on Students ’ Perceptions. Journal of English Language Teaching, 12(3), 715–726. https://doi.org/10.24036/jelt.v12i3.124608

Eddi Lion, Yetrie Ludang, & Herry Palangka Jaya. (2022). Edukasi Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Desa Telangkah. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3635–3642. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2257

Fitriani, A., et al. (2020). Integrating Character Education through Project-Based Learning for Civil Engineering Students. Journal of Engineering Education Transformations, 33(3), 134–140.

Fitriani, N. E. G. A. P. (2023). INTERPERSONAL COMMUNICATION IN REALIZING RELIGIUS MODERATION IN TRENGGALEK DISTRICT. XV(1), 37–56.

Ghosh, R., & Chan, W. Y. A. (2017). The Role of Religius Education in Countering Religius Extremism in Diverse and Interconnected Societies. Oxford Studies in Comparative Education, May 2019.

Ghosheh Wahbeh, D., Najjar, E. A., Sartawi, A. F., Abuzant, M., & Daher, W. (2021). The role of project-based language learning in developing students’ life skills. Sustainability (Switzerland), 13(12), 1–14. https://doi.org/10.3390/su13126518

Handayani, R., & Susanti, D. (2019). Developing Time and Resource Management Skills through Project-Based Learning: A Case Study at UNTIRTA. International Journal of Project Management Education, 4(1), 67–79.

Hayati, M., & Syaikhu, A. (2020). Project-based learning in Media Learning Material Development for Early Childhood Education. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 147–160. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.62-05

Helmawati, H., Marzuki, M., Hartati, R. S., & Huda, M. (2024). Islamic Religius Education and Religius Moderation at University. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 22(1), 111–124. https://doi.org/10.32729/edukasi.v22i1.1689

Herawan, E. (2016). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Edunomic, 4(1), 18–29. https://media.neliti.com/media/publications/271675-pengaruh-aktivitas-belajar-siswa-dalam-p-7a4882f7.pdf

Idi, A., & Priansyah, D. (2023). The Role of Religius Moderation in Indonesian Multicultural Society: A Sociological Perspective. Asian Journal of Engineering, Social and Health, 2(4), 246–258. https://doi.org/10.46799/ajesh.v2i4.55

Junita, E. R., Karolina, A., & Idris, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 02 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 9(4), 43–60. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i4.541

King, E. B., Hebl, M. R., & Beal, D. J. (2009). Conflict and cooperation in diverse workgroups. Journal of Social Issues, 65(2), 261–285. https://doi.org/10.1111/j.1540-4560.2009.01600.x

Kopong, K. (2021). Menalar Hubungan Agama, Pancasila Dan Negara Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 6(1), 23. https://doi.org/10.53949/ar.v6i1.123

Ma’ruf, A., Tazali, I., Suryani, E., Lidwan, N., & Abror, D. (2023). Internalization of Educational Values Through Religius Extracurriculars in Bodeh State Junior High School, Pemalang District. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 369–374. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.17

Manap, A. (2022). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(3), 229–242. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i3.503

Miller, F., & Wallis, J. (2016). Social Interaction and the Role of Empathy in Information and Knowledge Management: A Literature Review. Information and Data Literacy, April 2011, 185–202. https://doi.org/10.1201/b19843-19

Mustafa, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Semua Mata Pelajaran dalam Upaya Membangun Karakter Sosial Siswa SMP Negeri 1 Talun. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 128–135. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.10998

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Nur Aisyah, & Suratno. (2019). The Cultivation Of The Religius Values As Character Forming Students. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 3(1), 12–19. https://doi.org/10.29062/edu.v3i1.2

Purwanto, Y., Fauzi, R., & Diterima, N. (2019). INTERNALISASI NILAI MODERASI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124. http://jurnaledukasikemenag.org

Ricard, J. (2017). A Cognitive View of Balanced Decision Making. Academy of Management Proceedings, 2017(1), 17231. https://doi.org/10.5465/ambpp.2017.17231abstract

Sagala, D. A. (2020). Principles And Characters Of Religius Moderation In Christian Religius Education. Journal DIDASKALIA, 3(2), 31–37. https://doi.org/10.33856/didaskalia.v3i2.185

Sanusi, I., Ruswandi, U., Thohir, A., & As’ad, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Modersi Beragama Melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 880–897. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.972

Saputra, T., & Budimansyah, D. (2022). Strengthening Character Education Through the Natural School Leadership Curriculum. Proceedings of the Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 636(Acec 2021). https://doi.org/10.2991/assehr.k.220108.110

Susi. (2021). Komunikasi Dalam Moderasi Beragama “Perspektif Filsafat Komunikasi.” Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 4, 62–70.

Turan, U., Fidan, Y., & Yıldıran, C. (2019). Critical Thinking as a Qualified Decision Making Tool. Journal of History Culture and Art Research, 8(4), 1. https://doi.org/10.7596/taksad.v8i4.2316

Ulum, B., Satria, A. P., Zaini, M., Riswadi, R., & Amrullah, Z. (2024). Shaping An Exemplary Individual: Implementing Project-Based Learning In Religius Education Courses At Public Universities. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 9(2), 292–306. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v9i2.4107

Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 7 KOTA TANGERANG. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 3(1), 320–327. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262

Yansen, Komariah, A., & Satori, D. (2021). Character Education in Home Based Learning During COVID-19 Pandemic. Proceedings of the 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020), 526(Icream 2020), 175–178. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210212.037

Yunita, Y., Musli, & Sukarno. (2023). The Influence of Project-Based Learning Models on the Students Pancasila Character. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 11(5), 447–455.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.