Integrasi Nilai-Nilai Karakter Di Era Digital Dalam Membangun Generasi Emas

Ma'zumi - Ma'zumi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi nilai-nilai karakter di era digital sebagai upaya membangun generasi emas. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui kajian pustaka, penelitian ini menggali pemahaman mengenai pengaruh teknologi digital terhadap pembentukan karakter generasi muda serta bagaimana nilai-nilai karakter dapat ditanamkan melalui media digital. Fokus penelitian mencakup peran pendidikan karakter berbasis teknologi, media sosial, dan tantangan dalam menjaga nilai-nilai karakter di tengah arus informasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital dapat menjadi media yang efektif dalam pendidikan karakter jika digunakan secara tepat, namun diperlukan sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk meminimalkan dampak negatifnya. Penelitian ini menawarkan perspektif baru dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dengan teknologi digital secara holistik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdoulaı, H. S. (2022). Students’ use of online learning platforms to support blended Learning at Cameroonian University. Journal of Educational Technology and Online Learning, 5(2), 422–431. https://doi.org/10.31681/jetol.1028410

Anderson, M., & Rainie, L. (2018). The Future of Digital Learning. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/?p=92581

Berkowitz, M. W. (2015). What Works in Values Education. Nternational Journal of Educational Research, 50(3), 153–158. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0883035511000553

Braun, V., & Clarke, V. (2016). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.) (L. Habib (ed.)). SAGE Publications Ltd.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications. (N. K. Denzin (ed.)). Sage Publication. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/the-sage-handbook-of-qualitative-research/book242504

Flick, U. (2018). An Introduction To Qualitative Fourth Edition. In SAGE Publications (This Secon). https://elearning.shisu.edu.cn/pluginfile.php/35310/mod_resource/content/2/Research-Intro-Flick.pdf

Hersh, R. H., & Shabaz, M. (2019). Integrating Character Education into Online Learning Platforms. Journal of Educational Technology, 45(3), 213-229.

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social networking sites and addiction: Ten lessons learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3). https://doi.org/10.3390/ijerph14030311

Lickona, T. (2015). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. https://archive.org/details/educatingforchar0000lick/page/n3/mode/2up

Ma’zumi1, Saleh, S., & Maisaroh, I. (2023). Implikasi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0. JAWARA-Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 25–41.

Mustafa, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Semua Mata Pelajaran dalam Upaya Membangun Karakter Sosial Siswa SMP Negeri 1 Talun. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 128–135. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.10998

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods Integrating Theory and Practice. SAGE Publications, Inc. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/qualitative-research-evaluation-methods/book232962

Rahayu, W. D., Hendriana, H., & Fatimah, S. (2020). Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3), 99. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.5253

Sanusi, I., Ruswandi, U., Thohir, A., & As’ad, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Modersi Beragama Melalui Mentoring Karakter Terintegrasi Pendidikan Agama (Metagama). Jurnal Sosial Teknologi, 3(11), 880–897. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i11.972

Setyaningsih, R. (2017). Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembentukkan Kultur Religius Mahasiswa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1).

Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Berdaya Saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66–77. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.19383

Smith, A., & Duggan, M. (2014). Online Dating & Relationships. Pew Research Center. http://pewrsr.ch/1m8eRG2

Wilska, T. A., Holkkola, M., & Tuominen, J. (2023). The Role of Social Media in the Creation of Young People’s Consumer Identities. SAGE Open, 13(2), 1–11. https://doi.org/10.1177/21582440231177030


Refbacks

  • There are currently no refbacks.