SAHABAT QUR’AN: PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA BERBASIS QUR’AN

Rt Bai Rohimah, Jakaria Jakaria Jakaria, Nurul Fadilah Fadilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran program Sahabat Qur’an dalam penguatan karakter mahasiswa berbasis nilai-nilai Al-Qur’an di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pembina, pengurus, dan anggota aktif program Sahabat Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sahabat Qur’an memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk karakter mahasiswa. Nilai-nilai Qur’ani diinternalisasi melalui berbagai kegiatan seperti halaqah tahfidz, kajian tafsir, mentoring keislaman, dan keterlibatan dalam kegiatan keagamaan kampus. Kesimpulan hasil penelitian bahwa program Sahabat Qur’an merupakan media efektif dalam penguatan karakter mahasiswa, sekaligus mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional dan pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan manusia berakhlak mulia.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, M., Herlina, H., & Ibrahim, I. (2024). Pendidikan Islam dan Perannya dalam Membentuk Karakter Mahasiswa. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 77. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.9821

Hafizatul, S., Zain, W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur ’ an dan Hadis. 2, 199–215.

Harahap, E. (2023). Menggali Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Transformatif: Membangun Kesadaran Spiritual dan Kemandirian Berpikir. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427

Hartono, T. (2019). Unit Kegiatan Mahasiswa Dan Perannya Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa (Studi Kasus di Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah al-Qurra’ wa al-Huffazh Al-Furqan Institut Agama Islam Negeri Salatiga). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 99. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i1.6521

Kholidah, L. N. (2023). Manajemen Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman dalam Perspektif Pendidikan Islam Transformatif. Educational Journal of Islamic Management. https://doi.org/10.47709/ejim.v3i1.2498

Mahfudh, M. (2022). Konstruksi Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3005

Nasir, A., Nurjana, Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif 1. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445–4451.

Rochmani, A. (2022). Pembiasaan Sedekah Untuk Pembentukan Karakter Empati Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 89–103.

Rosmilawati, I., Fauzi, A., & ... (2021). Praktik-Praktik Pendidikan Transformatif Berbasis Multikulturalisme Pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Atfal. … Eksistensi Pendidikan ….

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sobari, R. T., Ali, M., Malisi, S., & Khalfiah, Y. (2025). Penanaman Karakter Religius Mahasiswa Baru Melalui Kegiatan Keagamaan Di Ma ’ had Al - Jami ’ ah IAIN Palangka Raya JURNAL MEDIA INFORMATIKA [ JUMIN ]. 6(2), 1529–1533.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.