PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENGUATAN NASIONALISME MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Syihabudin Said, Ma’zumi Ma’zumi, Najmudin Najmudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap penguatan nasionalisme mahasiswa. Objek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi dan ekonomi syariah, fakultas ekonomi dan bisnis universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan riset deskriptif dan riset kausal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, melalui penyebaran kuisioner kepada 100 responden dari mahassiwa jurusan akuntansi dan ekonomi syariah, fakultas ekonomi dan bisnis universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten. Data dari variabel di atas dianalisis dengan menggunakan program SPSS v.19. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap penguatan nasionalisme mahasiswa. Hal tersebut ditunjukan dari nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (497.956>3.98) dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha (0,000<0,05). besarnya pengaruh pendidikan Agama Islam memberikan pengaruh terhadap penguatan nasionalisme mahasiswa sebesar 83,6 % dan sisanya 16,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Abdul Hakim dan Miftahul Munir (2018). Penguatan Nasionalisme Melalui Pendidikan Agama Islam. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam Vol.13, No.2, Desember 2018

Abdul Hamid (2018). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Nasionalisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XV, No. 1, Juni 2018

Bungin, M. Burhan (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cet. 1).

Iwan Setiawan (2018). Islam dan Nasionalisme: Pandangan Pembaharu Pendidikan Islam Ahmad Dahlan dan Abdulwahab Khasbullah. Hayula:Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies. Vol. 2, No.1, Januari, 2018.

Lukman Hakim (2012). Nasionalisme dalam Pendidikan Islam. Vol. XVII No. 2 2012/1433.

Novita Pramesela (2017). Nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme dalam Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Keguruan IAIN SALATIGA.

Sudaryono (2011), Gampang Mengerjakan Mudah Menerapkan Dalam Analisis Data Statistik Derskriptif. Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Sutarjo Adisusilo, J.R. Nasionalisme, Demokrasi, Civil Society.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180525210629-12-301431/bnpt-kedokteran-dan-eksakta-di-7-ptn-terpapar-radikalisme


Refbacks

  • There are currently no refbacks.