PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR PKn DI KELAS V SDN PABUARAN KECAMATAN GROGOL KOTA CILEGON

Samsuri Samsuri

Abstract


Peneliti melakukan penelitian dengan penerapan metode bermain peran untuk
meningkatkan karakter dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn dengan tema menjaga
keutuhan negara Indonesia di kelas V SDN Pabuaran, ini dilakukan karena selama ini metode
pembelajaran selalu menggunakan metode ceramah yang sudah tentu karakter dan hasil
belajar siswa selalu tidak ada peningkatan terbukti dengan hasil pra siklus berada di bawah
KKM kelas v (64,8%), sedangkan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan
menerapkan metode bermain peran hasilnya sangat memuaskan dengan capaian di siklus ke
2 80,9% Bukan cuman karakter dan hasil nilai yang meningkat tetapi motivasi belajar sisaapun
luar biasa termotivasi, maka peneliti dapat simpulkan bahwa penerapan metode bermain
peran untuk pelajaran PKn pada materi menjaga keutuhan Indonesia mampu meningkatkan
karakter dan hasil belajar siswa kelas V SDN pabuaran Kota Cilegon


Kata Kunci: metode bermain peran, pendidikan karakter, PKn.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.