MODERASI BERAGAMA DALAM BAHAN AJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERGURUAN TINGGI UMUM SWASTA (Studi di STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang)

Abdul Aziz, Najmudin Najmudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moderasi beragama dalam bahan ajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Swasta dengan loku penelitian STIE Putra Perdana Indonesia Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dosen Pendidikan Agama Islam, observasi dan studi teks bahan ajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan model Miles dan Hubermen. Dalam model analisis Miles dan Huberman ada tiga tahap kegiatan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, suplai data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku yang dijadikan sebagai rujukan bahan ajar PAI di STIE Putra Perdana adalah buku Pendidikan Agama Islam karya Prof. Dr. Daud Ali. Daud Ali dalam bukunya tidak secara eksplisit membahas tentang tema moderasi beragama, tetapi dalam konten kajiannya terkandung nilai-nilai moderasi. Nilai-nilai moderasi terinternalisasi dalam bahasan Agama dan manusia, agama dan alam semensta, Sumber dasar dasar hukum Agama Islam, kerangka dasar Agama Islam, Akidah, syariah dan Akhlak. 


Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Yati. Focous group discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai metode pengumpulan data kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 12, no. 1, Maret 2008.

Amin, Abdurrauf Muhammad. Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam. Jurnal al-Qalam. Vol. 20. Edisi Khusus Desember 2014.

Arsanti, Meilani. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo. Vol. 1. No. 2 April 2018.

Aziz, Yahya. Penguatan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal Sosial Humaniora. Vol. 4 No. 2. November 2011.

Bungin, M. Burhan. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cet. 1. 2013).

Emzir. metodologi penelitian kualitatif; analisis data. (Jakarta: Rajawali Pers. Cet. 3. 2012).,

Harsono. Etnografi Pendidikan Sebagai Desain Penelitian Kualitatif (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008).

Irwanto. Focus Group Discussion. (Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat. 1998).

Nata, Abudin. Kapita Selekta Pendidikan Islam; Isu-Isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta; Raja Grafindo Persada. Cet. 2. 2013.

Nazir, Moh.. Metode Penelitian. (Bogor: Ghalia Indonesia. Cet. 9. 2014).

PDDIKTI, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2018

Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis. (Bandung: Alfabeta. Cet ke 16. 2012).

________. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Penerbit Alfabeta. Cet. 11. 2010).

Sutama. Metode Penelitian Pendidikan. (Surakarta: Fairuz Media. 2010)

V. Wiratna Sujarweni. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. (Yogyakarta. Pustakabarupress. Cet. 1. 2015).

Yasid, Abu. Islam Moderat. Jakarta. Penerbit Erlangga. 2014.

Qardhawi, Yusuf. Kalimat Fi Al-Wasathiyah Al-Islamiyah Wa Ma’alimiha. Kairo. Dar Es-Syourouk.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.web.id/entri/moderat.

Kartodirdjo, Sartono. 1985. Ratu Adil. Jakarta: Sinar Harapan.

Rubaidi, A. 2007. Radikalisme Islam, Nahdatul Ulama Masa depan Moderatisme Islam di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Hasani, I., dan Naipospos, B.T. 2010. Radikalisme Agama di Jabodetabek & Jawa Barat: Implikasinya terhadap Jaminan Kebebasan Beragama/Berkeyakinan. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara.

Azyumardi, Azra. 2012. Akar Radikalisme Keagamaan Peran Aparat Negara, Pemimpin Agama dan Guru untuk Kerukunan Umat Beragama. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga, No.2, Vol.1.

Hikam, Muhammad A.S. 2016. Peran Masyarakat Sipil Indonesia Membedung Radikalismen (Deradikalisasi). Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Al-Qordowi, Yusuf. 2007, Dirasah fi fiqh Maqasid al-Syariah (Baina Al-Maqashid al kulliyat wa an-Nushush al-Juaziyyah. Mesir: Daar el-Syuruq.

Daud Ali, Muhammad, 1998. Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.